Wow, Masih 10 Bulan Bobot Bayi Ini Sudah 20 Kg
Sumber: Mirror.co.uk

Info Sehat / 17 January 2015

Kalangan Sendiri

Wow, Masih 10 Bulan Bobot Bayi Ini Sudah 20 Kg

Lori Official Writer
4838
Bayi gendut dan chubby tentu saja sangat lucu dan menggemaskan. Begitu pula yang tampak dari Juanita Valentina Hernandez  yang montok di usianya ke 10 bulan dengan bobot tubuh sebesar 20 kilogram.

Juanita tampak berbeda dengan bayi berusia 10 bulan lainnya yang hanya memiliki bobot tidak lebih dari 8.5 kilogram. Padahal sang ibu Sandra Franco mengaku bahwa Juanita lahir dengan berat normal 2.7 kilogram saja. Setelah kelahirannya, berat badannya bertambah secara drastis hanya dalam hitungan minggu. Bobot Juanita dianggap tidak lazim karena setara dengan berat badan anak berusia lima tahun.

“Saat Juanita lahir, ia sangat kurus. Tapi 15 hari kemudian, bocah ini sudah terlihat chubby. Sejak saat itu beratnya terus bertambah,” tutur Sandra, seperti dikutip dari Foxnews.com, Jumat (16/1).

Awalnya Sandra tidak tahu persis penyebab pertumbuhan Juanita yang begitu cepat. Keterbatasan biaya pun turut andil menghambatnya proses pemeriksaan medis bayi gendut itu. Untungnya, yayasan amal Gorditos de Corazon (Chubby Hearts) di Kolombia, sebuah lembaga yang bergerak di bidang pengentasan obesitas pada anak, segera turun tangan untuk memeriksa kondisi kesehatan Juanita.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kegemukan drastis yang dialami Juanita bisa disebabkan oleh beragam hal, diantaranya sindrom Prader-Willi, sindrom Cushings dan sindrom Beckwith-Wiedemann.

Berikut proses bagaimana sindrom ini bekerja menjadi penyebab kegemukan bagi anak-anak:

- Sindrom Prader-Willi : Penderita biasanya cenderung lapar secara permanen dan membuat mereka mudah mengalami penambahan berat badan yang berbahaya.

- Sindrom Cushings :  Penderita sindrom ini mengalami penambahan berat badan akibat kadar hormon stres atau kortisol dalam tubuh mereka.

- Sindrom Beckwith-Wiedemann (BWS) : Sindrom yang satu ini adalah gangguan pertumbuhan berlebih pada saat bayi lahir yang ditandai dengan peningkatan risiko kanker anak dan fitur tertentu.

Kendati begitu, belum diketahui pasti sindrom tipe apa yang tengah diderita Juanita. Diperlukan deteksi cepat untuk menghindari kemungkinan penyakit yang lebih buruk terhadap Juanita, seperti diabetes tipe 2 dalam kurun waktu 2-3 tahun ke depan.

Bagi Anda yang menemukan gejala dan ciri demikian terjadi pada buah hati Anda, segera periksakan sejak dini dan berkonsultasilah dengan dokter anak yang ahli.

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami