Ganti Pewarna Makanan Anda Dengan Buah dan Sayur Ini
Sumber: Detik.com

Entertainment / 15 January 2015

Kalangan Sendiri

Ganti Pewarna Makanan Anda Dengan Buah dan Sayur Ini

Lori Official Writer
72658
Anda mungkin sudah menyadari bahwa pewarna makanan yang dijual di pasaran sangat tidak baik bagi kesehatan. Padahal Anda bisa saja membuat pewarna makanan sendiri yang diolah dari beragam buah dan sayuran yang jauh lebih sehat dan alami.

Berikut pewarna makanan alami yang dapat Anda olah dengan berbagai jenis buah dan sayur ini, seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Warna Orange

Wortel berwarna orange sangat cocok digunakan sebagai pewarna makanan alami. Untuk mendapatkan warna orangenya, potong wortel kecil-kecil lalu haluskan dengan blender. Setelah itu peras untuk mendapatkan airnya. Selain wortel, Anda juga bisa menggunakan jeruk orange yang segar meski warna orangenya tidak akan sekental wortel.

2. Warna Merah

Buah-buahan yang berpotensi menghasilkan warna merah alami adalah stroberi, cranberry, raspberry, delima dan juga bit. Warna merah dapat Anda hasilkan dari buah-buahan ini dengan cara menghaluskannya dalam blender dan memeras hingga menghasilkan sari airnya. Berbeda dengan bit, selain di blender buah yang satu ini juga bisa diolah dengan cara merebus dengan kulitnya dalam air mendidih selama 30 menit. Matikan api jika bit sudah lunak dan bisa ditusuk dengan garpu. Biarkan hingga dingin. Ambil bit, kupas dan potong-potong. Masukkan lagi ke dalam panci berisi air rebusan bit. Lalu tunggu hingga warnanya berubah makin tua, lalu saring.

3. Warna Hijau

Warna hijau bisa dibuat dari buah dan sayuran seperti alpukat dan bayam. Anda hanya perlu menumbuk alpukat dan bayam hingga halus, kemudian dicampur dengan bahan makanan yang akan diwarnai secukupnya.

4. Warna Kuning

Warna kuning alami bisa diperoleh dari kunyit dan saffron. Saffron atau kuma-kuma adalah sejenis rempah-rempah yang dijadikan bumbu untuk mmebuat nasi briyani jadi berwarna kuning. Kuma-kuma ini diambil dari bunga Crocus Sativus. Sangat disarankan untuk menggunakan pewarna yang satu ini secukupnya karena bisa mengubah rasa makanan.

5. Warna Cokelat

Warna cokelat bisa Anda peroleh dari hasil olahan biji kakao dan gula merah yang diolah dari nira kelapa atau aren. Warna cokelat lainnya juga bisa Anda peroleh dari rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh dan lada hitam yang dipanggang terlebih dahulu lalu digiling hingga halus. Tetapi perlu diingat, bubuk rempah-rempah ini hanya boleh dicampurkan pada makanan tertentu saja.

6. Warna Biru dan Ungu

Warna biru dan ungu diperoleh dari buah blueberry, blackberry dan anggur, sayur kol ungu, ubi ungu dan bunga telang. Kol ungu dan bunga telang adalah penghasil warna ungu yang sangat alami. Jika bunga telang hanya perlu diremas-remas dan direndam dalam sedikit air, maka kol ungu perlu direbus dengan air panas selama beberapa waktu lamanya.

Uniknya, hasil warna ungu dari bunga telang dan kol ungu ini bisa dimodifikasi menghasilkan warna biru. Caranya, tambahkan sedikit soda kue atau teh hijau ke dalam cairan ungu. Dalam sekejap, cairan akan berubah menjadi biru.

Untuk menghasilkan pewarna makanan yang sehat dan alami, Anda hanya perlu melakukan hal yang sangat sederhana. Tunggu apalagi singkirkan pewarna buatan Anda dan mulailah mencoba cara yang lebih sehat dan alami ini.

Sumber : Boldsky.com/Femina.co.id/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami