Investasi Tak Ada Matinya, Beli Properti Sekitar Kampus

Investment / 14 January 2015

Kalangan Sendiri

Investasi Tak Ada Matinya, Beli Properti Sekitar Kampus

Puji Astuti Official Writer
4203
Menurut sebuah artikel yang dirilis oleh Forbes.com di Amerika muncul sebuah trend baru, yaitu orangtua yang membeli rumah di sekitar kampus sebagai upaya menghemat dan investasi jangka panjang. Para orangtua dengan usia anak sekitar 14 tahun membeli rumah atau apartemen sekitar kampus agar anaknya ketika berkuliah tidak perlu menyewa. Hal serupa masih aplikatif di Indonesia juga.

Dengan harga sewa properti yang terus naik setiap tahunnya, membeli rumah menjadi salah satu jalan penghematan. Bukan itu saja, rumah itu selain menjadi “money saver” juga bisa menjadi “money maker” atau penghasil uang, selain nilai investasi yang terus naik juga bisa disewakan.

Ada tiga kriteria yang bisa membuat properti yang akan Anda beli bisa dipastikan menjadi mesin penghasil uang kedepannya :
1. Pilihlah properti dengan 3 atau 4 kamar

2. Pastikan properti itu tidak membutuhkan terlalu banyak renovasi

3. Pastikan kampus tersebut banyak peminatnya sehingga setiap tahunnya Anda tidak akan kekurangan penyewa.

Namun memiliki kost-kostan atau properti yang disewakan bukan sekedar melihat nilai investasinya yang terus naik dan menerima uang sewa. Ada isu penting yang harus diperhatikan yaitu bagaimana menjaga agar bangunan tetap dalam kondisi baik. Terkadang anak yang sudah sibuk di kampus tidak bisa lagi dibebani dengan tugas tambahan, terlebih jika penyewa adalah teman-temannya sendiri. Untuk itu biasanya orangtua perlu membayar orang untuk menjaga bangunan dan juga melakukan perbaikan jika ada sesuatu yang rusak. Untuk itu perlu dibuat anggaran untuk pemeliharaan.

Selain biaya pemeliharaan, ada biaya lain yang harus Anda perhatikan yaitu pajak dan juga asuransi. Kedua hal ini sangat penting, jangan sampai lalai. Jika lalai pajak, maka Anda terkena denda. Lalu jika tidak ada asuransi maka investasi Anda tidak terlindungi. Jadi kedua hal ini penting Anda perhatikan saat akan melakukan investasi properti.

Dengan biaya sewa mulai dari 500 ribu rupiah hingga 1,5   juta rupiah, maka bisa dipastikan  bahwa investasi Anda bisa menambah pundi-pundi Anda, bahkan mungkin malah menutup biaya kuliah anak Anda. Jadi, coba yuk mulai hunting lokasi di sekitar kampus tujuan putra-putri Anda.

<!--[endif]-->--> Sumber : Forbes.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami