6 Gejala Kanker yang Patut Diwaspadai
Sumber: Drlesleyphillips.com

Info Sehat / 12 January 2015

Kalangan Sendiri

6 Gejala Kanker yang Patut Diwaspadai

Lori Official Writer
5086
Kanker masih menjadi penyakit mematikan dan paling misterius. Pasalnya, banyak penderita yang tidak menyadari munculnya kanker sejak awal, hingga akhirnya baru diketahui saat kanker berkembang biak dalam tubuh.

Ada beberapa gejala kanker yang sangat umum dan berpikir bahwa gejala itu merupakan indikasi dari kanker. Misalnya, mual, kembung, batuk dan nyeri pinggang. Tentu bukan masalah bila jarang terjadi, namun patut dicurigai bila gejala yang sama terjadi secara intens.

Adapun gejala awal kanker yang muncul tapa disadari adalah:

#1 Batuk / suara serak

Terganggunya saluran nafas oleh debu atau kotoran yang masuk melalui makanan akana menyebabkan batuk disertai dahak dan akan sembuh dalam jangka waktu tertentu. Namun jika Anda mengalami batuk berkepanjangan disertai suara serak, bisa jadi indikasi dari gejala awal kanker tiroid, kanker paru-paru dan limpoma. Bila Anda sudah merasa terganggu dengan kondisi tersebut, segera periksakan diri ke dokter terpercaya.

#2 Berat badan naik / turun secara drastis

Berat badan yang turun secara drastis diindikasi berkaitan dengan penyakit kanker yang mulai berkembang biak di dalam tubuh. Biasanya kondisi ini merupakan bagian dari gejala kanker ovarium dan paru-paru. Menurut American Cancer Society, pada titik awal dua kanker jenis ini ditandai dengan sakit pada bagian pankreas, perut dan kerongkongan.

#3 Kelelahan

Kelelahan ekstrim yang berlangsung terus menerus dan tidak lekas hilang mesti telah banyak beristirahat diindikasi sebagai gejala kanker leukemia, usus dan kanker perut. Saat kondisi ini terjadi, segera lakukan pemeriksaan fisik serta tes darah untuk mengetahui bagaimana kondisi kelenjar tiroid dalam tubuh.

#4 Perubahan pada kulit

Salah satu gejala yang terjadi dalam kulit adalah munculnya benjolan, yang bisa saja berupa sel kanker ataupun tumor. Atau seperti daging tumbuh, luka dalam mulut yang tak kunjung sembuh serta tahi lalat atau lesi berpigmen pada vulva yang bisa menjadi pertanda kanker. Segeralah memastikan gejala tersebut ke dokter Anda.

#5 Sakit perut kronis

Gejala ringan seperti mual, perut kembung dan perih kerap dianggap sebagai gejala maag. Padahal, banyak yang tidak menyangka bahwa kondisi itu bahkan indikasi dari gejala kanker lambung. Sama seperti maag, rasa sakit akan muncul secara berkala.

#6 Nyeri pada tubuh

Banyak yang menganggap rasa nyeri timbul dari kelelahan akibat aktivitas fisik. Tetapi ternyata diketahui bahwa nyeri juga bisa menjadi gejala awal tubuh sakit kanker. Rasa nyeri di salah satu bagian tubuh bisa menjadi gejala awal kanker tulang, ovarium, payudara dan rahim.

Kanker menjadi penyakit yang muncul dengan tanda-tanda kelainan siklus sel khas yang menyebabkan sel tumbuh tak terkendali, menyerang jaringan biologis di dekatnya dan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik. Sehingga sangat mungkin bila gejala-gejala awal yang tak disadari itu terus berkembang dari waktu ke waktu dan menyebar ke seluruh organ tubuh.

Sumber : Vemale.com/Tabloidnova.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami