Yuk, Datang Ke ” Jogja Tea Party ”

Yuk, Datang Ke ” Jogja Tea Party ”

Tiurma Ida Purba Official Writer
3045

Apakah anda menyukai teh? Suka ataupun tidak pastinya anda pernah merasakan teh bukan? Indonesia terdiri dari berbagai macam suku. Dan tentunya setiap propinsi punya teh yang khas. Ada kabar gembira untuk anda traveler, karena pekan ini Jogja akan mengadakan “Jogja Tea Party”. Wah, sudah bisa dibayangkan ya begitu menariknya acara ini.

Yogyakarta memiliki tradisi minum teh yang dikenal dengan istilah “ Patehan”. Patehan adalah persembahan minum teh kepada raja. Tradisi “ Patehan “ ini bisa terbilang unik karena masyarakat akan melihat langsung bagaimana cara meracik dan meramu teh untuk raja.

Event ini akan dikemas oleh PT Pagilaran dan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tanggal 12-14 Desember 2014 di Museum Benteng Vredeburg. Selain itu, acara ini sekaligus untuk memperingati 50 tahun PT Pagilaran dan Dies Natalis ke 68 Fakultas Pertanian UGM.

Ketua Panitia, Achmadi Priyatmojo menjelaskan bahwa,"Dalam acara Jogja Tea Party itu akan kita kenalkan berbagai tradisi minum teh”. Acara ini akan diisi dengan seminar,aneka kuliner teh dan green tea competition”. Uniknya dari acara ini, perserta yang akan mengikuti lomba adalah peserta dari penjual angkringan yang biasa menjajakan minuman teh di Yogyakarta. Yang menjadi nilai penting dalam lomba ini adalah membuat minuman teh dengan cita rasa tinggi.

Achmadi menambahkan"Ini yang bakal seru, karena para pedagang angkringan ini kami minta menentukan komposisi teh dari masing-masing grade”. Acara ini juga bertujuan untuk mempertemukan para pengelola perkebunan, petani,konsumen dan produsen. Panitia mengharapkan bahwa adanya ide untuk pemertintah terkait kondisi industri teh nasional.

"Semua produsen teh kita undang, untuk memperkenalkan produknya. Acara ini kami harapkan dapat menarik wisatawan yang sedang berlibur di Yogyakarta nanti," ungkap Achmadi. Semoga “Jogja Tea Party” bisa memperkenalkan teh – teh Indonesia kepada wisatawan asing. Bahkan, dapat meningkatkan kesejahteraan para petani di Indonesia. 

Sumber : berbagai sumber/by tiur

Ikuti Kami