Tips dan Trik Mengajari Anak Meminta Maaf

Tips dan Trik Mengajari Anak Meminta Maaf

Theresia Karo Karo Official Writer
6764

Meminta maaf saat membuat kesalahan adalah hal yang wajib dilakukan. Untuk itu, sangat penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak sedari kecil sikap ini. Saat mengajarkan anak untuk meminta maaf, orangtua jangan sampai memaksa tetapi anda berikan pengertian dan harus bersabar dalam menjelaskan kenapa hal ini penting.

Selanjutnya, sikap ini dapat membantunya untuk belajar bertanggung jawab dan berjiwa besar. Berikut beberapa langkah yang disarankan:

Kebiasaan Keluarga

Anda sebagai orangtua harus memberikan contoh terlebih dahulu, bila anda berbuat salah anda juga harus meminta maaf. Anak-anak cenderung akan menirukan apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Melalui contoh nyata, anak dapat lebih paham makna dari meminta maaf

Dipupuk Sedini Mungkin

Mengajarkan hal ini sedini mungkin akan lebih baik. Saat anak balita anda bermain bersama teman, semisalkan ia membuat temannya menangis karena berebut mainan yang bukan miliknya. Pandu anak bagaimana cara meminta maaf dengan benar, misalnya dengan menyalami dan mengucapkan maaf kepada temannya. Bisa juga dengan menanyakan kepada anak anda bagaimana perasaannya saaat melakukan kesalahan dan bagaimana perasaannya saat disakiti orang lain. Beri pengertian dan ajaklah anak untuk berdikusi.

Permintaaan Maaf yang Diikuti Pengampunan

Maaf yang diikuti dengan pengampunan adalah tindakan utuh yang berkesinambungan. Tindakan nyatanya misalnya dengan mengatakan, “tidak apa-apa” atau “Aku memafkanmu”. Permintaan maaf dan memaafkan perlu terjadi untuk terhindar dari luka hati atau konflik berkelanjutan.

Termasuk Hal Kecil Yang Tidak Sopan

Keluarga adalah kelompok kecil pertama yang mengajarkan anak bagaimana bersosialisasi di kelompok yang lebih besar yakni masyarakat. Salah satu yang termasuk adalah norma kesopanan. Hal kecil seperti bersendawa, tegukan dan buang gas bila dilakukan di depan orang lain atau orang yang lebih tua akan mengganggu kenyamanan. Untuk itu, jelaskan kepada anak untuk segera meminta maaf bila terjadi karena hal tersebut karena tidak menjaga kesopanan.

Jangan Memaksa Anak

Dalam beberapa kasus, terdapat anak yang belajar meminta maaf karena paksaan dari orangtuanya. Pengajaran ini seharusnya disertai dengan penjelasan masalahnya, sehingga anak mampu untuk memberikan perasaan tulus ketika meminta maaf. Hindari untuk memaksa dengan menggunakan ancaman, hal ini justru akan membuat anak anda takut.

Memaafkan dan Dimaafkan Merupakan Kebanggaan

Mungkin anak merasa kesulitan untuk meminta maaf atas kesalahannya, di sini sebagai orangtua anda jelaskan bahwa sikap ini mampu mempererat hubungan pertemanan dengan siapapun. Punya banyak teman menjadi ukuran bahwa anak anda diterima dengan baik oleh lingkungan. Sehingga anak menyadari bahwa keberadaan teman sangat diperlukan dalam bermasyarakat.

Trik dan tips ini selain dijelaskan di rumah, anda juga dapat lakukan di moment-moment kebersamaan keluarga sekaligus melihat tindakan nyatanya. Berhubungan dengan kebersamaan keluarga, Jawaban.com mengajak anda untuk bergabung di “One Day With Family” Writing and Photo Contest dan memberi inspirasi bagi seluruh keluarga Indonesia. Daftar langsung di alamat website http://contest.jawaban.com/ disertai dengan karya tulis dan foto terbaik bersama keluarga. Raih hadiah mingguan dan hadiah utama jutaan rupiah!

Sumber : Bidanku/Vemale.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami