Ragam Manfaat Mengajar Anak Berenang Sejak Usia Dini
Sumber: sakurakidz.com

Parenting / 4 June 2014

Kalangan Sendiri

Ragam Manfaat Mengajar Anak Berenang Sejak Usia Dini

Budhi Marpaung Official Writer
5913

Aktivitas berenang tidak hanya berguna bagi orang dewasa. Mereka yang tergolong masih bayi pun akan mendapatkan banyak manfaat apabila dibimbing atau dilatih olah raga ini. Apa saja kah manfaat mengajar anak berenang sejak usia dini? Berikut uraiannya.

1. Keseimbangan

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang sudah diajar berenang memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Perbedaan ini nyata terlihat hingga anak-anak tersebut berusia 5 tahun.

2. Kemampuan Menggenggam

Manfaat kedua dari mengajarkan bayi berenang adalah ia mempunyai kemampuan lebih baik untuk meraih, menggenggam, dan memegang sesuatu dari pada yang tidak diajarkan.

3. Percaya Diri

Selain memiliki keseimbangan dan kemampuan meraih, menggegam, dan memegang sesuatu lebih baik, bayi yang diajarkan berenang bakal tumbuh dengan kepercayaan diri yang positif. Ia tidak akan takut ketika berada di dalam air.

4. Memperkenalkan Pola Hidup Sehat

Jika Anda ingin mengajarkan kebiasaan hidup yang sehat sejak dini pada anak maka melatih berenang adalah salah satu cara terbaik melakukannya. Buah hati Anda tidak akan kesulitan mempraktikkan cara hidup yang baik karena ia sudah dilatih sejak dini.  

5. Memperkuat Ikatan Orang Tua-Anak

Tawa, independensi pada saat awal memulai, dan pujian yang diterima bakal membuat si anak lebih dekat kepada Anda. Lewat berenang, ia bisa melihat dan merasakan kasih ayah-ibu terhadap dirinya.

6. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Saat melatih berenang, Anda dan anak pasti berkomunikasi. Ketika Anda mengucapkan, “Tendang, tendang, tendang!”, maka kata-kata yang diucapkan terus menerus dan berulang kali ini akan direkam olehnya, sehingga menambah pemahaman dan kosa kata si bayi. Semakin banyak kata yang didengarnya secara berulang, semakin bertambah kemampuan bahasanya.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat terakhir dari mengajarkan bayi berenang secara rutin adalah meningkatnya kualitas tidurnya. Biasanya bayi yang diajar berenang lebih mudah terjaga ketika dibaringkan di tempat tidur dibandingkan mereka yang tidak diajar berenang.

Setelah mengetahui manfaat, lalu pertanyaan selanjutnya kapankah kita diperbolehkan mengajarkan bayi berenang? Mengenai waktu, sejak usia 1,5 bulan, Anda bisa mengajak buah hati beraktivitas di dalam air. Namun, perlu diingat, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh para orangtua saat melatih anaknya yang dibawah satu tahun untuk berenang:

- Jika bayi masih berusia di bawah 6 bulan, taruh sang bayi di air yang hangat

- Mulailah mengajarnya berenang selama 10 menit

- Jika sudah menggigil, tarik bayi keluar dari air

- Jangan pernah membawa bayi ke dalam air apabila ia sedang kurang sehat

- Siapkan peralatan seperti handuk bertudung kepala, makanan kecil (jika ia sudah menerima MPASI), mainan air, alas untuk mengganti baju, serta kantung tidur.

 

Jika Anda menyimak hal-hal di atas maka tidak perlu ada yang dikhawatirkan lagi saat mengajarkan anak Anda berenang sejak usia dini. Percayalah, aktivitas ini pasti baik untuk buah hati Anda.  

 

Baca juga: 

Mengenalkan Anak Pada Ibadah Gereja

Menghadapi Kehilangan

Thread Forum JC: Beda Agama Kristen dan Katolik

Sumber : tipsbayi.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami