PVMBG Imbau Waspadai Erupsi Gunung Anak Krakatau
Sumber: Tempo.co

Nasional / 16 February 2014

Kalangan Sendiri

PVMBG Imbau Waspadai Erupsi Gunung Anak Krakatau

Lori Official Writer
6013

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menghimbau warga sekitar kawasan Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda agar tetap waspada. Pasalnya, gunung ini telah mengalami 212 kali gempa vulkanik sepanjang Sabtu (15/2). Saat ini status gunung dinyatakan Waspada level II.

“Kami meminta masyarakat pesisir Banten tenang, karena kegempaan itu tidak menimbulkan gelombang tsunami,” kata Anton S Pambudi, Kepala Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di Desa Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, seperti dilansir Tempo.co, Sabtu (15/2).

Anton menyampaikan, warga dihimbau tetap waspada dan tidak mendekati sekitar 1.5 kilometer dari titik gunung merapi itu. Pasalnya, lontaran bebatuan pijar lava yang dikeluarkan akan sangat berbahaya. Suhunya dapat mencapai 600-800 derajat Celsius.

Gunung Anak Krakatau adalah gunung ketiga yang tengah mengalami peningkatan aktifitasnya setelah letusan Gunung Sinabung dan Kelud. Sementara gunung lainnya juga patut diwaspadai, pasalnya PVMBG menemukan adanya peningkatan aktifitas gunung-gunung merapi lainnya di tanah air, seperti Gunung Lokon, Rokatenda dan Karangetan. Namun, kondisi ini tidak lantas dihadapi dengan kepanikan, akan tetapi lebih dianjurkan untuk tetap waspada.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Susul Sinabung, Status Gunung Kelud 'Waspada'

Inilah Cara Pengungsi Sinabung Hilangkan Jenuh

Gara-Gara Usman-Harun, PM Singapura Blok Facebook SBY

'Sahabat Pers' Jadi Kado PWI untuk SBY

Kemenag Pertimbangkan Usulan SBY Bentuk Ditjen Khonghucu

Terima Kasih Solusi, Aku Dapat Menjadi Mitra CBN

Sumber : Tempo.co/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami