Tips Untuk Memilih Saham IPO
Sumber: bisnis.liputan6.com

Investment / 24 December 2014

Kalangan Sendiri

Tips Untuk Memilih Saham IPO

Tiurma Ida Purba Official Writer
4853

Saham semakin maju dan berkembang, para pemainnya juga semakin banyak. IPO berasal dari bahasa Inggris yaitu Initial Public Offering (IPO). Pengertian IPO adalah proses kali pertamanya sebuah saham dijual kepada masyarakat (oleh perusahaan yang sudah go public). IPO bisa dikatakan juga “ penawaran saham perdana”.

Ketika perusahaan memilih untuk melakukan IPO, itu menandakan perusahaan tersebut harus bersifat terbuka. Bersifat terbuka berarti membuka peluang bagi masyarakat luas untuk memiliki saham di perusahaan publik tersebut.

Apakah anda mengetahui mengapa perusahaan melakukan IPO? Biasanya perusahaan membutuhkan dana untuk tambahan modal atau mungkin menutupi hutang perusahaan.  Nah, agar tidak salah memilih perusahaan yang tepat untuk menanam saham IPO, berikut ini ada 2 tips untuk anda :

1.  Lakukan Riset Objektif Tentang  Perusahaan

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah dengan melakukan riset objektif. Tidak mudah memang mencari informasi tentang perusahaan yang akan go public. Karena kekurangan-kekurangan kecil jarang untuk diketahui.  Anda bisa melakukan pencarian dengan perusahaan melalui internet. Setelah anda mendapatkan informasi tentang perusahaan IPO, cobalah untuk membandingkan beberapa berita yang terkait.

 

2.   Pilih Perusahaan Dengan Penjamin Emisi Yang Kuat

Setelah anda mencari informasi terkait, maka anda dapat memilih perusahaan IPO yang memakai jasa penjamin emisi. Anda dapat mencari rekam jejak, atau dengan mengecek saham-sama IPO yang dulu sempat melejit harganya, lalu anda dapat melihat siapa penjamin emisinya? Nah, jika perusahaan IPO tersebut memakai penjamin emisi yang sama dalam IPO-IPO nya juga suskses, maka perusahaan IPO dengan penjamin emisi tersebut layak untuk anda pilih.

           

Nah, sekarang anda tidak bingung lagi kan untuk memilih perusahaan IPO ? Anda perlu berhati – hati dengan perusahaan IPO yang underwriternya kecil. Karena underwriter besar biasanya akan menangani Ipo perusahaan –perusahaan besar juga, dengan demikian anda akan memiliki peluang tinggi untuk berhasil. Selamat Mencoba, semoga berhasil. 

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami