Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Tiurma Ida Purba

Official Writer
3297


Mertua memang sangat berpengaruh dalam hubungan pernikahan. Setelah anda menikah mungkin anda sering mengalami konflik dengan mertua. Hal ini wajar saja karena setiap orang yang sering bersama atau memiliki hubungan yang dekat akan mengalami gesekan. Berpikir untuk menyenangkan hati mertua adalah harapan setiap menantu. Nah, berikut ini adalah cara agar hubungan anda tetap baik-baik saja dengan mertua.

1.     Jangan Membesar- Besarkan Masalah

Ketika anda mengalami konflik dengan mertua anda, hal yang sangat tepat anda lakukan adalah jangan pernah untuk membesar-besarkan masalah. Pada saat mertua meluapkan emosinya kepada anda, sebaiknya anda menerimanya dengan kerelaan hati. Tidak mudah memang, namun cobalah menganggap mertua sebagai orang tua anda. Dengan begitu anda akan merasa menjadi anak yang pantas untuk dikoreksi. Nah, setelah emosi mertua anda mereda cobalah untuk meminta maaf padanya. Dan jangan adukan apa yang anda alami kepada suami. Dengan demikian mertua anda akan berpikir bahwa anda adalah orang yang dewasa.

 

2.      Buatlah Batasan

Walaupun anda sudah menjadi menantu namun anda harus membuat batasan-batasan terhadap mertua anda. Contohnya : ketika anda berada di rumah mertua, sebaiknya anda tidak masuk ke toilet mertua. Hal ini akan membuat mertua anda bahwa anda orang yang sopan santun. Bagaimanapun anda adalah orang asing yang masuk ke rumah mertua. Hal yang harus anda lakukan adalah membangun komunikasi yang baik dan akrab dengan mertua, untuk menghilangkan rasa canggung.

 

3.      Bersikaplah Tanggap

Cepat dan tanggap adalah hal yang di sukai mertua dari menantunya. Jika anda berada dirumah mertua atau sedang bersamanya, cobalah untuk tidak sungkan membantunya. Misalnya : membantu untuk menyiapkan makanan yang akan dimakan bersama. Atau anda membantu membereskan rumah mertua. Pertama-tama mungkin anda sungkan, namun cobalah untuk menarik perhatian mertua anda.

 

Bangunlah hubungan yang baik dengan mertua anda, karena bagaimanapun juga pasangan anda akan melihat cara anda dalam menghormati mertua. Jika hubungan anda baik dengan mertua, maka hubungan keluarga anda pun akan cenderung bahagia. Mertua biasanya akan tetap memperhatikan apapun yang terjadi dalam keluarga anda. Pahamilah bahwa perhatian yang mertua anda lakukan adalah semata-mata agar komunikasi orang tua dan anak tidak terputus.

Sumber : berbagai sumber/by tiur


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Buyung Mahyuddin 27 February 2020 - 23:32:48

What did Astuti mother buy

0 Answer

Yance Salinggi 27 February 2020 - 12:26:16

Hubungan

0 Answer

Marcellinus Chandra Kurniawan 27 February 2020 - 08:55:53

Ask about GOD.. Where is True GOD?

1 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7267

Banner Mitra Februari 2020 (3)