Ikan Mas Arsik Andaliman yang Menggetarkan Lidah
Sumber: bunda-inong.blogspot.com

Entertainment / 15 December 2014

Kalangan Sendiri

Ikan Mas Arsik Andaliman yang Menggetarkan Lidah

Tiurma Ida Purba Official Writer
10690

Siapa yang tak tahu dengan ikan mas arsik? Makanan khas tapanuli utara ini seolah-seolah sudah mencari perhatian orang banyak dengan rasanya yang menggetarkan lidah. , Tak hanya suku batak namun makanan ini juga sudah mencuri banyak suka lain. Ikan mas arsik memang menjadi andalan suku batak. Ikan ini biasa disajikan di arisan keluarga atau marga, acara pernikahan, atau acara gereja. Apakah anda tahu mengapa makanan ini sangat disukai?

Jika anda mengunjungi Pulau Samosir, anda akan menemukan ikan mas arsik ini di hidangan meja anda. Wanita batak dikatakan pintar memasak jika bisa memasak ikan mas arsik. Dahulu ikan mas arsik ini adalah persembahan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bagi nenek moyang. Dilihat dari sejarahnya, ikan mas arsik memiliki lambang panjang umur dan kemurnian hidup. Ikan mas arsik ini juga disebut dengan dekke sitio-tio atau dekke simudur-udur.

Dalam setiap acara, ikan mas yang disajikan memiliki arti yang berbeda-beda. Contohnya dalam pasangan yang baru menikah  ikan mas yang disajikan adalah satu ekor, sedangkan untuk pasangan yang baru memiliki anak adalah tiga ekor,lalu  bagi yang sudah memiliki cucu adalah lima ekor dan untuk pemimpin adat batak adalah tujuh ekor ikan mas arsik. Wow, sangat unik ya adat batak.

Untuk memasaknya, tidaklah sulit karena ikan mas arsik mudah ditemui di perairan air tawar. Ikan mas asrik  tidaklah digoreng atau ditumis, tetapi bumbu hanya direbus saja. Berikut ini adalah beberapa daftar bumbu ikan mas arsik : sere,bawang batak,jeruk nipis, asam gelugur, bunga rias, kacang panjang, cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, lengkuas, kunyit, daun salam, daun jeruk, garam, dan andaliman.

Kelebihan ikan mas arsik ini adalah rasanya yang asam-kecut, pedas dan asin. Rasa pedasnya adalah berasal dari bumbu dan rempah khas batak yaitu andaliman (Zanthoxylum Acanthopodium DC). Andaliman berguna untuk antioksidan dan mikroba bahkan mengandung vit C dan E serta untuk daya tahan tubuh. Bila anda memakan langsung andaliman tanpa dimakan, maka anda akan merasakan peda getir  di lidah anda.

Nah, berikut ini ada resep bagi anda pemula yang ingin membuat ikan mas arsik :

1.  Pertama-tama bersihkanlah ikan dan masukkan sebagian kacang panjang dan bawang batak di perut ikan mas.

2.  Haluskan racikan cabai merak,cabai rawit, bawang putih, bawang merah, andaliman, lengkuas, kunyit dan jahe.

3.  Lalu anda dapat menata kacang panjang, sere utuh, lengkuas potong beserta dengan asam gelugur di dasar kuali.

4.  Tahap keempat, anda dapat memasukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam kuali, kemudian masukkan air sekitar ¾ tinggi kuali dan masaklah hingga mendidih.

5.  Setelah itu anda bisa memasukkan ikan di atas bumbu dan bahan yang sudah masak.

6.  Berilah garam dan jeruk nipis secukupnya sesuai dengan ikan yang dimasak agar lebih terasa.

7.  Kemudian masaklah ikan kurang lebih 20 menit dengan api yang sedang (jangan terlalu besar agar bumbunya merata).

8.  Jangan lupa untuk menutupnya dengan tutup panci agar bumbu ikan meresap.

9.  Nah, setelah  air sudah sedikit mengering, agar lebih nikmat anda dapat menata potongan kacang diatas tumpukan ikan.

10. Terakhir, masaklah ikan sampai matang dan kuah hampir habis

11. Hidangkan ikan mas di piring, akan tetapi hati-hatilah memindahkannya jangan sampai bentuknya menjadi hancur, namun usahakalah tetap memanjang seperti masih berenang.

Wah, mudah bukan membuat ikan mas arsik andaliman? Jika anda punya waktu luang, mengapa tidak mencoba untuk memasak ikan ini?  Siapa tahu anda berhasil, dan ingatlah bila anda sudah berhasil maka anda sudah termasuk orang yang pandai memasak. Atau jika anda sangat ini mencicipinya, kunjungilah beberapa lapo / kedai batak di daerah sekitar anda. Selamat mencoba kuliner legendaris yang menggetarkan lidah. 

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami