9 Tips Hindari Krisis Keuangan Rumah Tangga
Sumber: www.kabar24.com

Marriage / 12 December 2014

Kalangan Sendiri

9 Tips Hindari Krisis Keuangan Rumah Tangga

Tiurma Ida Purba Official Writer
3437

Bila anda sudah berumah tangga mengatur keuangan sangat perlu karena jika tidak terampil maka akan terjadi krisis keuangan dalam rumah tangga anda. Walaupun anda dan pasangan sudah memiliki gaji tinggi dan bekerja di perusahaan besar, bukan berarti masalah keuangan tidak dapat terjadi. Terkadang gaji tinggi menuntut biaya hidup tinggi juga. Hal ini disebabkan karena gaya hidup. Namun, ada beberapa tips untuk anda dan pasangan menghadapi krisis keuangan dalam rumah tangga :


1.    Terbuka

Anda dan pasangan anda harus saling terbuka mengenai gaji dan pengeluaran yang dibutuhkan masing-masing. Jangan pernah menutupi apapun mengenai masalah keuangan. Karena kalau anda tutupi akan saling mencurigai satu dan yang lainnya.

 

2.    Buat Kesepakatan

Cobalah untuk bersepakat dengan pasangan anda. Jangan membuat keputusan sendiri tanpa dirundingkan. Apalagi tentang pengeluaran yang tidak diketahui pasangan anda. Berdiskusi dan bersepakat tentang keuangan adalah solusi yang baik.

 

3.    Tentukan Tujuan Jangka Panjang

Anda dan pasangan pasti memiliki tujuan jangka panjang. Jangka panjang ini bisa berhubungan dengan pendidikan anak atau kelahiran anak selanjutnya. Maka dari itu harus pandai-pandai untuk mengatur keuangan. Buatlah target untuk tujuan jangka panjang tersebut.

 

4.     Menabung

Jika anda sudah menentukan tujuan jangka panjang, maka anda bisa menabung setiap bulannya. Tabungan sangat penting bagi setiap orang. Baik yang sudah berumah tangga maupun yang belum. Cobalah untuk menyisihkan gaji anda tiap bulan. Anda dapat menabung bersama pasangan anda.

 

5.  Melacak pengeluaran

Jika anda mengalami krisis keuangan dalam rumah tangga, cobalah lacak keuangan anda. Dengan melacak keuangan anda, maka anda akan mengetahui pengeluaran-pengeluaran mana yang seharusnya tidak perlu. Dengan begitu, di bulan depannya anda akan bisa menghemat pengeluaran lebih kecil.

 

6.    Membuat Anggaran yang Realistis

Cobalah buat anggaran yang masuk akal. Jangan terlalu menekan dan jangan juga terlalu membuat anggaran yang terlalu tinggi. Dengan begitu anda tidak akan terjebak dengan krisis keuangan.

 

7.    Sisihkan “ Uang Senang-senang”

Anda beserta pasangan dapat menyisihkan uang untuk liburan atau bersenang-senang bersama keluarga. Liburan sangat bagus untuk relaksasi dari pekerjaan atau rutinitas. Dengan berkumpul bersama keluarga besar juga dapat menjalin silaturahmi yang sudah renggang.

 

8.    Rapatkan Keuangan

Anda harus membuat rapat keuangan dengan pasangan anda. Hal ini sangat dianjurkan untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana keuangan anda setiap bulannya. Dengan mengevaluasinya anda akan lebih berpengalaman dalam mengatur keuangan anda.

 

9.   Bekerjasama Untuk Mengatur Keuangan

Jika sudah berumah tangga anda tidak bisa memikirkan ego sendiri apalagi dalam masalah keuangan. Anda harus bekerjasama dengan pasangan anda untuk mengatur keuangan. Saling mengingatkan adalah hal yang wajib dilakukan.

 

Semoga cara-cara ini dapat membantu mengatur keuangan keluarga anda. Bila memang terjadi krisis dalam keluarga anda, cobalah untuk tidak saling menyalahkan. Yang dibutuhkan adalah bersepakat untuk memperbaikinya.

 

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami