4 Jenis Musik yang Harus Anda Dengar Sembari Bekerja

4 Jenis Musik yang Harus Anda Dengar Sembari Bekerja

Lori Official Writer
6475
Hasil penelitian membuktikan bahwa bekerja sembari mendengar musik dapat meningkatkan produktivitas kerja. Studi yang dilakukan oleh Mindlab Internasional dengan nama MusicWorks menemukan bahwa sekitar 80 persen pekerja bekerja lebih cepat dan produktif saat bekerja sembari mendengarkan musik.

Namun genre atau jenis musik juga sangat mempengaruhi konsentrasi dalam bekerja. Untuk itu, Anda patut mendengar 4 jenis musik berikut saat bekerja.

#1 Musik Klasik

Jenis musik ini cocok menemani saat mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi, seperti berhitung dan memeriksa pekerjaan. Para pekerja akan lebih mudah memecahkan persoalan matematika ketika mendengar musik klasik, karena mampu meningkatkan kecermatan atau ketelitian sebesar 12 kali per detik dibandingkan dengan tidak mendengarkan musik sama sekali. Studi bahkan menemukan bahwa musik klasik adalah jenis musik terbaik yang dapat meningkatkan ketelitian saat bekerja.

#2 Musik Pop

Musik pop cocok sekali diputar ketika mengerjakan pendataan atau bekerja dengan deadline. Pekerja yang mendengar musik pop sembari bekerja diketahui mampu menyelesaikan tugas-tugas pendataan 58 kali per detik lebih cepat daripada tidak sama sekali. Musik yang mampu memacu energi ini juga sangat membantu untuk memeriksa ejaan dengan cepat. Dan hasilnya bahkan akan jauh lebih baik ketika dipadukan dengan musik dansa karena mendorong pekerja terhindar dari kesalahan saat bekerja dibandingkan dengan tidak mendengar musik sama sekali.

#3 Musik Ambient

Musik ambient adalah bebunyian pembangkit suasana dasar seperti bebunyian panjang yang aneh dengan frekuensi yang diatur sedemikian rupa, baik durasi, beragam instrumen dipadupadankan menjadi satu. Musik yang diperkenalkan oleh musisi Brian Eno ini sangat baik dijadikan sebagai teman saat mengerjakan pekerjaan sejenis persamaan karena mampu meningkatkan ketelitian yang sangat tinggi.

#4 Musik Dance

Saat berhadapan dengan pekerjaan yang membutuhkan waktu berpikir yang panjang untuk pemecahan suatu masalah, memeriksa pekerjaan dan mengatasi masalah matematika yang rumit, cobalah untuk memutarkan musik dance. Terbukti, musik ini ampuh meningkatkan kecepatan membaca sebesar 20 kali per detik serta mampu menyelesaikan tugas-tugas penalaran abstrak lebih cepat.

Jadi ketika rekan-rekan sekerja kerap mengangguk-anggukkan kepala dan mengikuti irama musik saat memasang headphone di kedua telinganya, jangan buru-buru menilai mereka aneh. Sebab, mereka bisa saja bekerja lebih baik dengan bantuan musik.

Sumber : Telegraph.co.uk/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami