6 Tips Hadapi Masa Puber Anak
Sumber: teenagepromiscuity.blogspot.com

Parenting / 6 December 2014

Kalangan Sendiri

6 Tips Hadapi Masa Puber Anak

Tiurma Ida Purba Official Writer
2300

Masa puber adalah masa yang memang harus mendapatkan perhatian khusus. Jika anda memiliki anak laki-laki atau perempuan yang sedang masa puber, anda harus mengenali perkembangan mereka. Jangan pernah untuk mengekang dan terlalu membatasi apa yang mereka lakukan. Cobalah untuk mendekati anak anda dengan cara-cara berikut ini :

1. Kenali  Perubahan Anak Puber  Secara Biologis

Bila anak anda sudah beranjak remaja sekitar umur 10-12 tahun, maka anda dapat mengenali perubahan-perubahan apa saja yang mereka alami. Contohnya : anak perempuan mengalami menstruasi, buah dada membesar, dan tumbuh bulu-bulu di bagian tertentu.

 

2. Kenali Pula Perubahan Sosial dan Psikologi

Perubahan sosial dan psikologi yang anak anda alami karena masa pubertas sangatlah wajar. Perubahan perilaku mereka sangat terlihat. Contohnya saja : biasanya mereka membawa makanan ke sekolah tapi karena lingkungan sosialnya, anak anda akan berubah dan tidak mau lagi membawa makanan ke sekolah. Atau mungkin yang biasanya anda mencium pipinya, jangan kaget bila mereka tidak mau melakukan hal itu lagi.


3.  Berikan Pujian Atas Semua Kemampuan Anak

Anak biasanya suka dengan pujian. Dengan begitu anak anda tidak akan sungkan untuk menjadikan anda sebagai tempat curhat.


4.  Membicarakan Masalah Seks?

Cobalah untuk membuat anak anda terbuka untuk membicarakan masalah seks. Bicarakanlah dengan sopan dengan anak anda. Berikan pengetahuan-pengetahuan dengan memberikan buku-buku tentang pengetahuan seks. Dengan demikian anak anda tidak akan terjerumus dengan pergaulan bebas.


5.  Jangan Meninggalkan Perhatian Kepada Anak

Sesibuk apapun anda, jangan pernah meninggalkan perhatian kepada anak anda. Cobalah untuk selalu memperhatikan apapun yang anak anda lakukan. Perhatian anda akan membuat dia selalu memiliki sahabat.


6.   Ajarkan Kemandirian Anak

Cobalah ajarkan anak anda untuk mandiri. Biarkan mereka melakukan kreatifitas di lingkungannya. Jangan batasi apapun yang dilakukan anak anda sepanjang itu adalah hal yang positif.

Dengan melakukan tips diatas, semoga anda dapat lebih mengenal perkembangan masa puber anak anda. Selamat mencoba. 

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami