7 Karakteristik Anak Calon Pemimpin

Parenting / 5 December 2014

Kalangan Sendiri

7 Karakteristik Anak Calon Pemimpin

daniel.tanamal Official Writer
4166
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Pastinya kita semua setuju jika anak-anak kita adalah para adalah pemimpin masa depan! Nah, tentunya aka nada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menopang mereka. Menurut Septiana Runikasari Psi, ada sedikitnya tujuh karakteristik seorang calon pemimpin, di antaranya:

Mengatur Dirinya Sendiri
Anak yang memiliki kemampuan untuk mengatur dirinya sendiri merupakan salah satu ciri anak untuk menjadi pemimpin. Ketika anak sudah bisa mengatur dirinya sendiri, maka diharapkan anak tersebut juga bisa mengatur orang lain. Karena seorang pemimpin harus bisa mengatur dan memengaruhi bawahannya. Kemampuan ini bisa dilihat ketika anak bisa mengatur kapan dia harus belajar, bermain, makan dan sebagainya.

Mandiri
Ketika anak sudah bisa mengatur dirinya sendiri, maka anak akan memiliki sikap mandiri. Sikap mandiri ini bisa dilihat dari anak ketika anak sudah bisa makan sendiri dengan baik, mengenakan dan melepaskan pakaiannya sendiri dan hal lain yang sudah bisa dilakukannya sendiri.

Inisatif dan Relasi
Anak yang memiliki jiwa kepemimpinan tentunya anak yang memiliki inisitif dan bisa membangun relasi. Hal ini bisa dilihat ketika anak bisa melakukan sesuatu hal tanpa diminta atau diperintah, tetapi dilakukan sesuai dengan apa yang ada dipikirannya. Misalnya ketika anak terlebih dulu mengajak teman barunya berkenalan atau mengajaknya bermain bersama. Sehingga tidak hanya inisiatif saja yang bisa dilihat, tetapi anak juga bisa membangun relasi dengan baik.

Bertanggung jawab
Rasa bertanggung jawab bisa dilihat dari sikap anak ketika anak bisa menyelesaikan tugas yang diberikannya dan menepati janjinya. Misalnya ketika anak sedang bermain dengan mainannya dan berjanji akan membereskan mainannya setelah selesai menggunakannya. Ketika apa yang dijanjikan dan mainannya dirapikan kembali, maka anak tersebut memenuhi tanggung jawabnya, baik dari sisi apa yang dijanjikannya dan dari sisi bagaimana dia merapikan kembali mainannya.

Kejujuran
Jujur merupakan keberanian anak dalam mengungkapkan sesuatu sesuai dengan yang terjadi. Hal itu bisa dilihat ketika anak menceritakan suatu hasil karya yang dibuat tidak hanya oleh dirinya sendiri tetapi juga oleh teman-temannya.

Pandai Berkomunikasi
Anak yang memiliki jiwa kepemimpinan maka memiliki kepandaian dalam berkomunikasi. Ini bisa dilihat oleh Moms ketika anak mennyampaikan sesuatu kepada orang lain atau temannya dengan bahasa yang dimengerti oleh temannya dan temannya memahami apa yang diucapkannya.

Menyelesaikan Masalah
Ketika anak menghadapi temannya yang tidak memiliki pensil warna sedang temannya membutuhkan itu, maka anak tersebut berusaha meminjamkan pensil warnanya atau ketika ada temannya yang menangis karena tidak dipinjamkan mainannya dengan temannya yang lainnya, maka anak itu mengajak kedua temannya untuk bermain bersama dan bergantian, maka anak tersebut bisa menyelesaikan masalah yang ada di hadapannya.



<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami