ATM: Tips Jitu Awali Bisnis Online
Sumber: bisnis.com

Entrepreneurship / 14 November 2014

Kalangan Sendiri

ATM: Tips Jitu Awali Bisnis Online

Hot Triany Nadapdap Official Writer
3496
Seiring bertumbuh pesatnya dunia media sosial, mudahnya akses internet dan mendapatkan smartphone dengan harga yang tidak mahal membuat dunia entrepreneurship Indonesia semakin cepat bertumbuh. Bisnis online pun kini mengalami kemajuan pesat. Bayangkan saja, hanya dengan mengupload sebuah foto, Anda sudah dapat melakukan transaksi jual beli dengan calon konsumen dari dalam dan luar negeri. Dalam sehari ada ratusan bisnis online yang sedang direncanakan, hingga diwujudkan melalui 3 akun media sosial  yang paling diminati: Facebook, Twitter dan Instagram. 

Jika Anda baru ingin memulai wirausaha, namun memiliki modal yang kecil, atau tidak mau ambil resiko bahkan sekedar uji coba reaksi pasar, Anda hanya tinggal buat akun media sosial yang disebutkan di atas. Cara mengelola akun media sosial    dan cara berkomunikasi dengan konsumen juga beragam dan sangat praktis. Cukup dengan memiliki fasilitas BBM, aplikasi Whatsapp, atau aplikasi Line, Anda sudah dapat memfasilitasi komunikasi untuk mengetahui keinginan atau pertanyaan dan permintaan calon konsumen.

Jangan takut untuk memulai bisnis online ini karena resiko selalu ada di semua bisnis. Keuntungannya adalah Anda tidak membutuhkan dana besar yang harus memiliki bangunan/toko yang strategis, ijin usaha, dan mengeluarkan biaya promo lagi. 3 tips mudah ini dapat Anda lakukan untuk mulai maju jalan dan jadi seorang entrepreneur.

1 Amati Amati apa saja bisnis online yang sedang in dan digandrungi, apa bisnis yang sudah ada, dan apa bisnis yang masih jarang atau belum tersentuh. Peluang yang ada tersebut, harus Anda manfaatkan dan segera Anda lihat apakah pemasok/produksi barangnya mudah untuk didapatkan.

2 Tiru Jangan malu untuk meniru, karena sesungguhnya tidak ada hal yang baru di muka bumi ini atau tidak akan ada yang sungguh-sungguh orisinil. Asalkan dengan catatan, apa yang Anda tiru haruslah lebih baik. Mulai dari produk, sistem  pemesanan dan sistem pengiriman.

3 Modifikasi Sebagai pesaing baru, Anda perlu memiliki kelebihan yang unik dan tidak biasa didapati. Kenapa tidak, dengan menjanjikan garansi pengiriman yang cepat, aman dan bisa dikembalikan dalam waktu seminggu (dengan catatan, kondisi barang yang masih bagus). Jika memang janji dan garansi Anda terbukti, bisa jadi pasar akan melirik Anda dibanding pemain lama.

Selamat memulai bisnis online Anda! Jangan takut dan menunda lagi. Jika niat Anda baik dan motivasi yang tulus, Anda akan sukses secepatnya. Banyak juga tips, trik yang dapat Anda peroleh di website: Jawaban.com ini. Bertanyalah pada kolom komen di bawah, dan kami akan menjawabnya karena kami ingin sekali membantu Anda mencapai kesuksesan.


Sumber : jawaban.com/htn
Halaman :
1

Ikuti Kami