Inilah 13 Kawasan Ekonomi Terbaru di Indonesia

Nasional / 11 November 2014

Kalangan Sendiri

Inilah 13 Kawasan Ekonomi Terbaru di Indonesia

daniel.tanamal Official Writer
2337
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Sebanyak 13 kawasan ekonomi akan mulai dibangun oleh pemerintah Indonesia mulai akhir tahun 2014 hingga pertengahan 2015. Pembangunan 13 kawasan ini didasari untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2015.

Ke-13 kawasan ekonomi yang akan dibangun tersebut diantaranya Bintuni, Papua Barat; Bitung, Sulawesi Utara; Palu, Sulawesi Tengah; Morowali, Sulawesi Tengah; Konawe, Sulawesi Tenggara; Buli, Maluku Utara; Bantaeng, Sulawesi Selatan; Batulicin, Kalimantan Selatan; Ketapang, Kalimantan Barat; Landak, Kalimantan Barat; Kuala Tanjung, Sumatera Utara; Sei Mangkei, Sumatera Utara; dan Tanggamut, Lampung. Juga dua kawasan ekonomi di Jawa: Gresik, Jawa Timur, dan Sayung, Demak.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan pembangunan kawasan industri ini telah disesuaikan dengan potensi daerah. Keunggulan dan potensi daerah bisa segera diolah di kawasan industri baru tersebut. Dia mengatakan pemerintah juga akan mengupayakan pembangunan infrastruktur di kawasan industri baru. "Salah satunya pelabuhan, agar mempermudah distribusi," ujarnya.

Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian Imam Haryono mengatakan pembangunan 13 kawasan ekonomi itu akan berlangsung selama 5-7 tahun. Pemerintah sendiri masih menghitung nilai investasi 15 kawasan ini, termasuk mengkaji serapan tenaga kerjanya.

Nantinya, pemerintah menjadikan kawasan ekonomi di Jawa untuk pembuatan barang konsumsi (consumer goods). Sedangkan di luar Jawa untuk produksi barang lain. Setiap kawasan memiliki fokus garapan yang disesuaikan dengan sumber daya alam setempat, komitmen pemerintah daerah, infrastruktur, pasokan energi, sumber daya manusia, serta pasar.



<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami