Bisnis yang Didasarkan Ide Orisinil Datangkan Kesuksesan

Entrepreneurship / 8 November 2014

Kalangan Sendiri

Bisnis yang Didasarkan Ide Orisinil Datangkan Kesuksesan

Lois Official Writer
5730
Saat ingin membuka bisnis, pertanyaan pertama yang biasanya muncul di benak adalah mau berbisnis di bidang apa kecuali Anda sudah mengetahuinya dari awal. Banyak orang yang membuka usaha berdasarkan tren semata. Misalnya saja, beberapa waktu yang lalu bisnis pakaian online sempat menjadi tren, maka semua orang sepertinya berlomba-lomba menjadi penjual di berbagai jaringan sosial. Pola seperti ini terlalu menggampangkan.

Jadi sebelum menentukan bidang usaha apa yang ingin ditekuni, hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah kita harus mengambil sebuah usaha yang tingkat persaingannya kecil, namun tingkat kebutuhan konsumennya tinggi. Untuk menghasilkan persaingan yang kecil, sebaiknya usaha yang dilakukan haruslah yang orisinil, bukan mengikuti tren semata. Contohnya seperti apa?

Alex. S. Nitisemito, seorang konsultan manajemen dalam bukunya memberikan contoh yang bagus. Seorang pemilik kebun apel, pada suatu hari menemukan buah apel yang jatuh ke tanah bekas dimakan burung, ternyata baunya seperti buah anggur. Timbullah gagasan dalam diri orang tersebut dan akhirnya dia mendirikan usaha minuman sari buah apel. Ini merupakan ide orisinil. Saat orang lain hanya menjual buah apel, dia sudah berhasil mengembangkan produk turunan buah apel.

Tapi, jangan lantas berpikir bahwa ide datang begitu saja, tidak disangka-sangka, sehingga Anda terus menunggu datangnya ilham atau bahkan mengharapkan bisikan gaib akan apa yang harus Anda lakukan. Jangan pula mengharapkan Tuhan akan memberikan ide saat Anda tidur. Itu mungkin saja terjadi, tapi tidak semua orang mendapatkan hal yang sama. Yang paling penting adalah Anda harus mengejar, memikirkan, dan mencarinya senantiasa. Kuncinya adalah peka terhadap apa yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Wiraswasta adalah sebuah kerja otak dan bukan kerja otot. Gagasan akan datang kapan saja, karena itu kita harus mencarinya. Kita juga harus waspada saat dia datang. Sebuah gagasan kecil yang datang dapat menjadi ide yang besar. Jadi lihatlah setiap peluang yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Siapa tahu ide kreatif yang Anda ciptakan akan jauh lebih besar melampaui apa yang bisa Anda pikirkan.
Sumber : ciputraentrepreneurship.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami