Muhammad Hanif Dhakiri, Menteri Yang Ibunya Pernah Jadi TKW
Sumber: Viva News

Profile / 6 November 2014

Kalangan Sendiri

Muhammad Hanif Dhakiri, Menteri Yang Ibunya Pernah Jadi TKW

Puji Astuti Official Writer
4253

Menteri-menteri Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo sudah mulai membuat gebrakan, salah satu sosok yang cukup menarik perhatian pada beberapa hari terakhir ini adalah Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri. Menteri berusia 52 tahun tersebut menjadi sorotan media karena saat sidak di Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) Elkari Makmur Sentosa dengan berani melompati pagar yang cukup tinggi.

Hanif adalah kader Partai Kebangkitan Bangsa yang mendapat jatah di Kabinet Kerja, namun ia bukanlah orang baru dalam bidang ketenagakerjaan, sebab sebelumnya ia pernah menjabat staf khusus di era Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Soeparno, di era pertama kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, pria kelahiran Semarang, 6 Juni 1972 juga memiliki sejarah tersendiri dengan tenaga migran, karena sang ibu pernah menjadi TKW di Arab Saudi demi membantu perekonomian keluarga. Saat ibunya bekerja sebagai asisten rumah tangga di Arab Saudi, Hanif masih duduk di bangku SMP, beruntung ibunya mendapatkan majikan yang baik. Namun beberapa keluarga Hanif yang ingin mencoba peruntungan di negeri orang tidak seberuntung itu, ada yang sempat terlantar di penampungan selama beberapa bulan.

“Saya sempat mendobrak tempat penampungan di kawasan Tangerang untuk menyelamatkan keluarga,” demikian pernyataan Hanif yang ditulis di Rappler.com oleh Uni Lubis.

Perjuangannya hingga akhirnya menduduki kursi menteri bukanlah sesuatu yang mudah. Selama bertahun-tahun ia mendedikasikan diri untuk berkiprah di Partai Kebangkitan Bangsa dan menjadi aktivis di berbagai lembaga swadaya masyarakat. Kini dipundak Hanif sebuah beban yang ia tanggung, agar masa depan para pekerja, buruh, dan tenaga kerja Indonesia menjadi semakin sejahtera dan terlindungi dengan baik secara hukum baik di dalam negeri maupun saat di luar negeri. Apakah sang anak TKW ini bisa memperbaiki kondisi ketenagakerjaan yang carut marut di Indonesia ini? Mari kita nantikan karya nyata seorang Hanif Dhakiri.

Karir:

  • Menteri Tenaga Kerja (2014)
  • Anggota DPR RI (2009)
  • Staf Khusus Menakertrans (2006)
  • Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
  • Wakil Ketua Umum Dewan Koordinasi Nasional Gerakan Pemuda PKB (DKN Garda Bangsa) Periode 2006-2011
  • Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB periode 2005-2010


Sumber : Rappler.com | Tribunnews.com | Bisnis.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami