7 Tips Lakukan Solo Traveling Aman dan Seru
Sumber: Travel.yellowpages.co.id

Travel / 6 November 2014

Kalangan Sendiri

7 Tips Lakukan Solo Traveling Aman dan Seru

Lori Official Writer
4712
“Traveling sendiri itu keren dan menantang,” kata sebagian traveler, meski pada dasarnya berwisata sendiri atau solo traveler adalah sebuah pilihan yang tidak mudah. Sebagian orang beralasan untuk mencoba sesuatu yang tidak biasa dan keluar dari zona nyaman, seperti saat wisata ‘beramai-ramai’ dengan rekan.

Namun mengenal orang baru, bersahabat, mengenal budaya, menentukan pilihan sendiri dan melatih kemandirian akan menjadi bagian yang seru saat solo traveling. Nah, untuk menikmatinya dengan aman dan seru, para traveler perlu memperhatikan 7 tips ini.

#1 Rencanakan perjalanan

Butuh persiapan maksimal bila sudah memutuskan untuk bersolo traveling. Jadi, buatlah daftar tujun wisata, berapa lama, ke mana saja dan akan melakukan apa di tempat wisata. Buatlah itu semacam buku check list untuk mempermudah persiapan.

#2 Packing segala keperluan

Saat solo traveling, pastikan agar segala keperluan yang dibutuhkan sudah masuk ke dalam koper atau tas. Terutama pakaian, sepatu, obat-obatan, passport, visa, kartu ATM/kredit dan kartu identitas pribadi Anda (KTP).

#3 Tingkatkan keberanian

Solo traveling membutuhkan keberanian penuh. Berani berjalan sendiri, berani menentukan pilihan perjalanan dan berani bertemu dengan tempat dan orang-orang yang baru. Hal utama yang dibutuhkan adalah mental yang tangguh dan teguh.

#4 Tetap waspada

Ancaman mungkin akan datang sewaktu-waktu, sehingga dibutuhkan kesadaran penuh untuk menghindar dari ancaman keselamatan pribadi dan barang-barang berharga yang dibawa. Salah satu hal yang patut dilakukan adalah berpakaian dengan baju yang sederhana dan nyaman sehingga lebih leluasa untuk bergerak.

#5 Kenali budaya setempat

Saat berada di tempat yang baru, solo traveling patut mengenal budaya setempat untuk menghindari diri dari kesalahpahaman bahasa dan kebiasaan masyarakat di tempat wisata. Carilah informasi tentang kebiasaan penduduk setempat jauh hari sebelum keberangkatan.

#6 Selalu update

Selalu update tentang segala hal yang dilakukan di tempat wisata. Gunakan aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Path atau lainnya untuk melacak keberadaan Anda jika terjadi sesuatu yang tak diharapkan.

#7 Berhemat dengan cerdas

Tak seperti perjalanan beramai-ramai, segala hal dapat dihadapi secara bersama-sama termasuk dalam hal biaya. Berbeda dengan solo traveling yang segala sesuatunya harus ditanggung sendiri.  Bepergian sendiri tentu akan lebih mahal daripada berpergian dengan orang lain, sehingga butuh cara agar cerdas-cerdas berhemat.

Tak selalu sendiri itu sepi. Begitu pula dengan solo traveling, bila Anda benar-benar ingin merasakan kebebasan dan keluar dari zona nyaman, pergi dan temukan pengalaman baru yang seru dan mengasyikan.

Sumber : Cnn.com/Ghiboo.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami