Lee Chong Wei Terjegal Kasus Doping, Otoritas Malaysia Masih Bungkam

Nasional / 23 October 2014

Kalangan Sendiri

Lee Chong Wei Terjegal Kasus Doping, Otoritas Malaysia Masih Bungkam

Puji Astuti Official Writer
2856

Dunia bulutangkis dibuat kaget dengan berita tentang pebulutangkis asal Malaysia Lee Chong Wei terjegal kasus doping saat mengikuti kejuaraan dunia bulu tangkis di Kopenhagen, Denmark pada Agustus lalu. Hasil tes pemain bulu tangkis yang bercokol di puncak teratas peringkat dunia ini dinyatakan positif pada awal Oktober lalu.

Menurut berita yang dikutip oleh Antaranews.com dari koran The Star, Lee menjalani pemeriksaan berdasarkan tes random. Namun hingga saat ini Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia belum memberikan pernyataan resmi tentang berita ini.

Salah satu spekulasi mengapa ada kandungan obat terlarang yang masuk kategori doping dalam tubuh Lee Chong Wei karena dia pernah menjalani proses pengobatan karena cedera otot yang dia alami. Namun menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, kemungkinan besar Lee tidak tahu bahwa ada obat dalam kategori doping yang ia konsumsi.

"Satu-satunya pengobatan yang dia terima adalah pada Juli, ketika dia mendapatkan suntikan pengobatan untuk cedera ototnya," demikian pernyataan yang dikutip Kompas.com, Jumat (24/10).

Menanggapi hasil positif doping dari sampel A tersebut, Lee mengajukan uji sampel B untuk diteliti di tempat yang sama dengan sampel A. Kasus serupa pernah dialami pemain nasional Malaysia Sairul Amar Ayob pada tahun 2006 saat ia mengikuti turnamen di Belgia. Di sampel A, Sairul dinyatakan positif doping, namun saat sampel B diperiksa ulang, ternyata hasilnya negatif. Menurut Sairul kemungkinan hasil seperti ini bisa terjadi hanya 0,1 persen, karena menurut dokte pemeriksa biasanya 99,9 persen sampel B hasilnya akan sama dengan sampel A. Apakah Lee Chong Wei bisa mengalami keajaiban yang sama dan menyelamatkan karirnya? 


Sumber : Antaranews.com | Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami