Seks Membuat Anda Lebih Pintar & Awet Muda
Sumber: twodaymag.com

Marriage / 14 October 2014

Kalangan Sendiri

Seks Membuat Anda Lebih Pintar & Awet Muda

Puji Astuti Official Writer
6137

Jika Anda cukup dewasa untuk membaca artikel ini, maka saya akan memberitahu sebuah rahasia pada Anda : Organ seksual paling penting yang dimiliki manusia tidak berada di antara kedua kakinya, namun berada di antara kedua telinganya. Apakah Anda mengerti?

Otak kita, tempat dimana kita berpikir, merasa dan memberi perintah pada tubuh kita, itulah organ seksual terpenting manusia. Bahan kimia yang mengalir dijalur otak kita membantu mendefinisikan kepribadian kita. Tetapi otak sudah sejak dulu digambarkan sebagai pusat komando, yang mengendalikan seluruh tubuh manusia, dan sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa hubungan otak dan tubuh lebih dari itu. Otak dan tubuh membutuhkan satu sama lain, dengan kata lain ketika dihubungkan dengan kebutuhan seks manusia, otak dapat membantu kehidupan seks kita dan sebaliknya, seks dapat meningkatkan kemampuan otak kita.

Seks membuat kita lebih pintar?

Hasil penelitian dari University of Maryland baru-baru ini mengungkapkan bahwa hubungan seksual secara rutin bukan hanya memicu terjadinya neurogenesis, atau pembuatan neuron baru di otak tetapi juga meningkankan fungsi kognitif yang membantu orang untuk berpikir lebih jernih.

Hasil penelitian dari University of Maryland ini bukanlah hal yang baru, menurut Dayu Lin, Ph.D., seorang neuroscientist dan peneliti dari NYU Longone Medical Center pada penelitian di tahun 2010 telah mengungkap bahwa kehidupan seksual seseorang dapat merangsang pertumbuhan sel di hippocampus, bagian otak yang mengendalikan memori jangka panjang. Itu sebabnya menurut Dr.Lin, kehidupan seks yang terartur dapat menghindarkan seseorang mengalami dementia atau kepikunan.

Membuat otak lebih cemerlang

Menurut  Barry Kamisaruk,Ph.D dan timnya dari Rutgers University yang meneliti tentang orgasme wanita selama 25 tahun, wanita yang mengalami orgasme otaknya lebih cemerlang. Mereka meneliti menggunakan fMRI (fungctional magnetic resonance imaging), yang menunjukkan sewaktu seorang wanita mengalami orgasme, 30 area diotaknya tampak menyala. Hal tersebut mewakili aliran darah pada area otak tersebut, dan darah tersebut membawa suplai nutrisi serta oksigen ke otak, sehingga pastinya berdampak membuat otak lebih sehat dan cemerlang. Jadi jika selama ini Anda melakukan olahraga otak dengan memainkan puzle, catur atau permainan lainnya, ada pilihan lain yang lebih menyenangkan bukan?

Membuat awet muda

Anda mungkin pernah mendengar bahwa DHEA adalah hormon yang membantu melawan penuaan, dan ini seringkali ditemui pada berbagai suplemen kesehatan. Ternyata, mengkonsumsi DHEA terlalu banyak dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti serangan jantung, masalah metabolisme dan masalah pada jantung lainnya. Namun ada kabar baik loh, ada cara alami untuk meningkatkan produksi DHEA pada tubuh kita secara alami, yaitu dengan bercinta. Bagus bukan? DHEA alami tersebut akan meningkatkan fungsi otak, meningkatkan sistem imun, dan membuat kulit lebih kemilau.

Obat penenang alami

"Dalam studi klinis," demikian tutur Dr.Lin,"peneliti melihat bahwa pengalaman seksual mengurangi tingkat kecemasan."

Saat melakukan hubungan sesk, otak mendapatkan asupan lezat berupa hormon dan neurotransmiter, termasuk diantaranya adalah oksitosi (hormon ikatan), dopamine (hormon perangsang perasaan senang) dan serotonin (hormon penenang), serta banyak hal lainnya. Kemudian, otak dengan murah hati membagikan ramuan istimewa tersebut ke seluruh tubuh dan berakibat meningkatkan mood seseorang, meningkatkan rasa sejahtera dan terutama membuat Anda rileks. 

Bahkan menurut Daniel  Amen,M.D seorang neuroscientist terkemuka mereka yang berhubungan seksual secara teratur dengan pasangannya memiliki tingkat depresi yang lebih rendah dari pada mereka yang tidak. Jika Anda saat ini diresepkan obat anti depresi oleh dokter, pastikan dokter Anda tahu apakah hal itu mempengaruhi libido Anda, sebab hal tersebut bisa jadi merupak efek samping obat tersebut.

Jadi hubungan seks yang teratur dengan pasangan Anda memiliki dampak melimpah yang baik bagi kesehatan tubuh maupun mental. Untuk itu jaga agar hubungan Anda dengan pasangan tetap hangat, sehingga Anda bisa menjalani masa-masa indah berdua hingga rambut memutih.


Sumber : Huffingtonpost.com
Halaman :
1

Ikuti Kami