Lori

Official Writer
3136


Kabut terjadi ketika tingkat polusi udara lebih tinggi daripada normalnya. Polusi udara ini biasanya bersumber dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik-pabrik industri, pembakaran terbuka hingga letusan gunung merapi. Aktivitas ini menghasilkan zat berbahaya di udara yang disebut dengan polutan terdiri dari nitrogen dioksidan, partikulat dan ozon.

Pada kondisi kesehatan tertentu, kabut asap menjadi ancaman kesehatan serius yang tak pandang bulu menyerang baik yang dalam kondisi sehat maupun sakit. Udara yang telah terkontaminasi zat-zat berbahaya tersebut biasanya akan menyebabkan beragam msalah kesehatan jangka pendek seperti:

1 Batuk dan iritasi tenggorokan/dada

Tingginya kadar ozon di udara dapat menyebabkan iritasi sistem pernapasan. Umumnya, kabut asap yang telah terhirup akan segera bereaksi beberapa waktu kemudian dan menyebabkan gangguan pada paru-paru. Bahayanya, ozon berdampak buruk bagi paru-paru dalam jangka waktu yang cukup panjang, seperti mserasa mduah lelah dan kesulitan bernapas.

2. Memperburuk penyakit asma

Penyakit asma adalah suatu kondisi paru-paru kronis yang ditandai dengan kesulitan bernapas. Saluran pernapasan yang sangat sensitif dari lingkungan menyebabkan kambuhnya asama. Salah satu sumbernya dapat berasal dari kabut asap.

3. Menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Bahaya kabut asap juga menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), terutama bagi mereka yang daya tahan tubuhnya lemah. Biasanya akan mudah dialami oleh para kaum lanjut usia (lansia), anak-anak dan wanita hamil.

Terkait hal ini, Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) menemukan semakin tinggi tingkat pemanasan lapisan ozon, maka udara akan semakin berbahaya bagi kesehatan. Untuk menghindari diri dari bahaya kabut asap ini, sangat disarankan agar:

-  mengurangi aktivitas di luar ruangan.

-  memakai masker saat harus keluar ruangan.

-  banyak mengkonsumsi air putih dan istirahat yang cukup

- lakukan pencegahan agar polusi udara tidak masuk ke dalam ruangan kantor, rumah atau sekolah.

- jaga kesehatan dengan terlebih dahulu melakukan sterilisasi terhadap lingkungan atau makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Seperti diketahui, China, India dan Indonesia adalah negara di bagian Asia yang tercatat menghadapi ancaman polusi udara yang tinggi. Polusi itu bersumber dari penggunaan kendaraan yang tidak ramah lingkungan, penggunaan zat-zat kimia yang menyebabkan terkikisnya lapisan ozon serta pembakaran hutan sembarangan. Sehingga apabila hal ini terus terjadi, maka besar kemungkinan bila polusi udara / kabut asap akan menjadi ancaman terbesar kesehatan manusia.  

--> Sumber : Healthline.com/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us