Belajar Branding Dari Para Produsen Lokal yang Mendunia
Sumber: jawaban.com

Entrepreneurship / 4 October 2014

Kalangan Sendiri

Belajar Branding Dari Para Produsen Lokal yang Mendunia

Lois Official Writer
3406
Untuk memperkenalkan produk / jasa yang kita tawarkan, kita harus melakukan branding image yaitu sebuah konsep ciri khas apa yang menjadi produk / jasa yang kita tawarkan. Di dalam melakukan branding image, perusahaan-perusahaan lokal di Indonesia banyak yang berhasil dan hal ini tentunya dapat kita pelajari. Demi memajukan produk lokal Indonesia, berikut ini tipsnya :

Belajar dari J.Co
Sejak tahun 2003, Johnny Andrean yang sebelumnya terkenal sebagai pengusaha salon yang sukses, mulai mengembangkan J.Co. Dia menerapkan konsep dari luar negeri dan disempurnakan dengan modernisasi dan kualitas terbaik. Maka lahirlah J.Co yang memang ditujukan untuk menyerbu pasar asing. Hal yang sama juga berlaku buat kita. Pasar mana yang ingin Anda tuju, kualitas seperti apa yang ingin Anda sajikan, dan apa ciri khas yang Anda tawarkan.

Belajar dari Klenger Burger
Makanannya memang terkesan barat, namun ternyata makanan yang satu ini diciptakan oleh Velly Kristanti dan suaminya, Gatut Cahyadi pada 2004 lampau. Idenya yaitu membuat makanan untuk anak muda yang cepat, halal, dan nikmat. Meskipun burger, namun citarasanya Indonesia sekali.

Belajar dari Es Teler 77
Murniati Widjaja awalnya memenangkan kompetisi memasak dengan membuat minuman tradisional bernama es teler tersebut. Pada 1982, dia bersama suaminya pun membuka restoran tersebut. Awalnya dengan mendirikan tenda di emperen pusat perbelanjaan Duta Merlin, Harmoni, Jakarta Pusat. Terkadang dagangannya terpaksa tutup saat hujan datang dan genangan meninggi. Namun usaha keras dan pantang menyerah kuncinya. Sekarang Es Teler 77 punya 180 cabang dan telah go internasional ke Singapura dan Australia.

Belajar dari Damn I Love Indonesia
Usaha yang satu ini didirikan oleh Daniel Mananta yang memasarkan produknya dengan rasa cinta kepada Indonesia. Produk busana yang ditawarkan selalu menampilkan logo-logo kecintaan akan Indonesia seperti gambar burung garuda, gambar wanita-wanita pahlawan bangsa, gambar bendera, dan lain sebagainya.

Tulisan 100% Cinta Indonesia
Pemerintah sendiri menggalakkan gerakan untuk menggugah rasa bangga terhadap produk Indonesia dengan tulisan 100% Cinta Indonesia. Masyarakat yang ingin ikut bergabung, bisa mengaplikasikan logo siluet ataupun gambar berwarna tulisan ini ke dalam barang promosi yang ada. Namun, Anda juga bisa mengaplikasikan logo sendiri untuk menjadikan produk Anda sebagai ciri khas yang menarik.
Lakukan branding image usaha Anda sendiri, buat sesuatu yang khas, menarik, dan dibutuhkan banyak orang. Tambahkan sisi-sisi kecintaan akan produk lokal Indonesia dan juga jangan lupa tawarkan kualitas terbaik.
Sumber : berbagai sumber by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami