3 Penyebab Usaha Pemula Tak Bertahan Lama
Sumber: Bbc.co.uk

Investment / 28 September 2014

Kalangan Sendiri

3 Penyebab Usaha Pemula Tak Bertahan Lama

Lori Official Writer
6293
Masa awal adalah masa yang paling krusial merintis bisnis. Sebab setiap bisnis akan diperhadapkan pada pertanyaan besar: Apakah bisnis akan bertahan lama? Atau hanya akan bertahan seumur jagung seperti nasib beragam bisnis yang mengalami gulung tikar? Apapun jenis bisnis yang dikerjakan pebisnis pemula, pasti ia pernah melakukan kesalahan sehingga bisnisnya tak mampu bertahan hingga mencapai tahun pertama.

Cukup banyak para perintis bisnis yang gagal lantaran terlambat menyadari kesalahan-kesalahan yang membuat usahanya tak mampu bersaing dan gulung tikar. Inilah tiga penyebab usaha pemula tak bertahan lama.

Pertama, tak punya visi misi yang jelas. Sebuah usaha atau bisnis yang dikembangkan tanpa visi misi yang jelas, biasanya akan sulit berkembang lantaran tidak memiliki target atau startegi untuk mengembangan usahanya. Ketika ada visi misi atau tujuan, maka pebisnis pemula akan menjalankan bisnis sesuai passion. Sehingga sangat dianjurkan agar para pebisnis harusnya sudah memiliki strategi dan tujuan yang akan dilakukan sebelum memulai usaha demi mencapai gol bisnis itu.  

Kedua, produk bisnis tak relevan dengan permintaan pasar. Penting sekali bagi para pebisnis pemula untuk memetakan usaha yang sedang digandrungi dan memiliki permintaan tinggi di tengah pasar. Sebelum memulai usaha, pebisnis harus dapat memahami pasar yang disasarnya dan mampu menciptakan usaha yang mampu  menjawab persoalan masyarakat. Bisnis demikian, tak hanya dalam bentuk produk, tetapi juga jasa.

Ketiga, tidak konsisten dalam memperhatikan kualitas produk dan pelayanan. Di tengah persaingan bisnis saat ini, sebuah usaha akan mampu bertahan lama bila mampu memberi kepuasan kepada para pelanggan. Banyak usaha yang malah tak konsisten mempertahanan kualitas produknya karena harus meminimalkan modal. Kasus yang sering terjadi bahwa para pebisnis hanya mampu memberi kesan yang baik di awal usahanya, lalu kemudian lambat laun menurunkan kualitas tersebut. Hal itu tentu mempengaruhi minat para pelanggan untuk kembali lagi membeli produk tersebut di lain waktu.

Selain dari tiga faktor di atas, gagalnya usaha pemula berkembang juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti lokasi usaha, pengeluaran serta strategi promosi usaha tersebut. Dan seperti para pakar bisnis katakana, ‘Jangan pernah mencoba bisnis yang Anda tak paham atau ketahui’.

Sumber : Ciputraentrepreneurship.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami