4 Sebab Kenapa Bisnis yang Dirintis Bisa Gagal

4 Sebab Kenapa Bisnis yang Dirintis Bisa Gagal

Lois Official Writer
3027
Semangat dan modal bukanlah segala-galanya saat baru menjalani bisnis. Ada hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan agar bisnis yang Anda ingin bangun itu gagal di tengah jalan. Bisnis baru memang lebih sering gagal dibandingkan bisnis yang ditekuni lama dan itu ada sebabnya. Karena itu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda tahu terlebih dahulu sebelum memulai bisnis, yaitu :
Tidak Melakukan Riset Pasar
Misalnya saja Anda ingin membuka perusahaan es krim. Modal sudah ada dan semangat pun sedang tinggi-tingginya. Namun, Anda tidak bisa melihat kenyataan bahwa saat ini musim hujan misalnya sehingga orang banyak membutuhkan makanan hangat dan bukan sebaliknya. Selain itu, pikirkan juga saingan-saingan yang sudah punya nama lebih dahulu. Bagaimana Anda bisa membuat es krim yang berbeda, itu akan dicari orang.
Carilah apa yang dibutuhkan pasar, bukannya memaksa produk Anda masuk ke pasar. Jika sesuatu yang Anda jual memang dibutuhkan, maka orang mau tak mau pasti membelinya.
Rencana Bisnis yang Kurang Matang
Buatlah sebuah rencana yang realistis sehingga secara logika dapat terwujud. Anda harus memberikan target yang masuk akal, bagaimana mencapai target tersebut, dan prediksi masalah yang mungkin timbul serta penyelesaiannya.
Anda harus banyak melakukan riset agar belajar dari pendahulu Anda di bisnis yang sama, agar rencana yang Anda susun memang sesuai. Selain itu, rencana tersebut juga dimasukkan biaya yang dibutuhkan serta jadwal operasional. Masukkan pula strategi yang hendak dijalankan.
Anda juga harus bisa mengubah keputusan dengan cepat jika terjadi sebuah masalah dan hal-hal tak terduga lainnya. Segera cari solusinya apalagi jika pengeluaran membengkak.
Tidak Punya Akses Tambahan Modal
Saat baru membuka usaha dan tidak berjalan dengan baik, biasanya modal akan terkuras dan bisnis di ambang kematian jika tidak tersedia dana segar. Untuk mencegah hal itu, dari awal kembali lagi Anda harus realistis. Berapa modal yang diperlukan serta perkiraan biaya tambahan lainnya dan pastikan uang Anda cukup untuk itu.
Terlena
Setelah Anda merencanakan, menjalankan, dan mendapatkan usaha Anda mulai maju, jangan terlalu cepat puas. Terus pantau situasi dan cari tahu apakah Anda harus mengubah rencana bisnis Anda. Berada di posisi yang dibutuhkan orang membuat Anda bisa bertahan dan mencari strategi baru agar bisnis tetap berjalan.
Itulah empat hal yang dapat membuat bisnis yang baru ditekuni dapat runtuh. Yang paling utama tentu menyertakan Tuhan atas segala sesuatunya. Karena bagaimanapun, Dia adalah Perencana Agung yang tahu segalanya. Selain itu, berusaha terus memberikan yang terbaik.
Sumber : ciputraentrepreneurship.com by lois ho/jawaban.com

Ikuti Kami