7 Tips Dapatkan Liburan Hemat dan Murah

7 Tips Dapatkan Liburan Hemat dan Murah

Lori Official Writer
4862
Bagi para travel junkie (pecandu wisata, red), membuat daftar perjalanan barang tentu adalah suatu kewajiban. Berwisata dinilai sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan budaya dan bertemu dengan orang-orang baru. Berwisata sesering mungkin memang tak jadi soal bagi mereka yang punya banyak uang, lalu bagaimana dengan para travel junkie yang tak punya banyak simpanan biaya khusus untuk travel?

Nah, berlibur bukan berarti harus mahal bukan? Bila Anda ingin menjelajah beragam tempat wisata baik manca negara atau local tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, maka cobalah 7 tips mendapatkan liburan hemat dan murah ini.

#1 Berburu objek wisata dan tiket murah

Banyak orang yang merencanakan liburan tanpa persiapan dari jauh hari, sehingga mustahil bisa mendapat harga yang lebih murah dengan beragam diskon-diskon menariknya. Begitu pula dengan akomodasi seperti tiket dan penginapan sepatutnya segera diburu jauh-jauh hari sebelumnya. Manfaatkanlah layanan internet untuk menemukan beragam promo liburan murah ini.

#2 Pilih liburan di hari biasa

Kita tentu tahu bahwa hari liburan adalah waktu beragam wisata akan penuh dan padat. Disamping itu, harga wisata pun akan cenderung lebih tinggi dari hari-hari biasanya. Nah, cara efektif untuk menikmati perjalanan liburan murah dan hemat, Anda dapat memilih wisata di hari-hari biasa. Jadi ajukan cuti kerja Anda selagi tersisa untuk menikmati wisata murah dan menyenangkan ini.

#3 Menumpang penginapan atau angkutan

Berlibur juga perlu kecerdasan. Bila Anda hanya punya uang pas-pasan, maka Anda dapat menghemat pengeluarkan dengan cara menumpang di rumah rekan/saudara dan Hitch Hike (menumpang angkutan, red). Cara ini bisa dilakukan saat wisata ke luar dan di dalam negeri. Seperti yang biasa dilakukan para pendaki gunung di Indonesia yang seringnya memanfaatkan tumpangan mobil angkutan menuju pos pendakian di daerah tertentu.

#4 Perbanyak jalan kaki

Bila Anda sudah tiba di tempat wisata, maka hal yang paling baik untuk dapat menghemat biaya adalah dengan kebiasaan berjalan kaki dibanding menyewa ojek atau mobil yang cenderung memasok harga yang cukup mahal. Terutama bila Anda hanya sekedar berwisata di sekitar kota. Selain lebih hemat, Anda juga akan lebih menikmati setiap sudut berbeda yang menambah pengetahuan Anda.

#5 Makan di tempat jajanan murah

Akan banyak tempat jajanan tradisional dan murah meriah yang Anda temui di setiap tempat tujuan wisata. Bila Anda tak ingin menghamburkan biaya lebih hanya untuk menikmati makanan mahal, tak ada salahnya menikmati makanan tradisional daerah atau kota yang Anda tuju sembari mempelajari kekayaan menu makanannya. Akan jauh lebih seru bukan?

#6 Tanyakan teman yang berpengalaman

Sebelum memilih tempat tujuan liburan, ada baiknya bila Anda menanyakan informasi tentang wisata yang Anda ingin kunjungi kepada rekan komunitas atau teman yang sudah berpengalaman. Para rekan di komunitas backpacker misalnya, adalah sumber informasi yang dapat memberi Anda trick berhemat biaya selama menikmati liburan. Proaktiflah menjalin komunikasi dengan beragam group pecinta wisata baik lewat email, atau media sosial Anda.

#7 Ikut paket wisata

Tak semua paket wisata yang ditawarkan mahal. Justru seperti pengalaman penulis saat berkunjung ke Kepulauan Seribu, paket wisata malah jauh lebih murah dan lengkap. Anda tak perlu repot mencari tiket transportasi, penginapan dan keperluan lainnya menuju tempat wisata karena sudah termasuk dalam paket wisata. Anda hanya butuh sedikit usaha mencari dan memperbandingkan harga paket tour & travel yang ada, lalu sepakati!

Jadi masalah biaya bukanlah penghambat bagi Anda untuk dapat menikmati liburan ke berbagai tempat wisata yang dapat mempertemukan Anda dengan banyak hal baru di sana. Anda hanya perlu mempersiapkan rencana liburan Anda jauh-jauh hari sebelumnya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Ikuti Kami