10 Makanan Jaga Kualitas Tidur Agar Tak Insomnia

Gizi & Nutrisi / 17 August 2014

10 Makanan Jaga Kualitas Tidur Agar Tak Insomnia

Lois Official Writer
5657

Tidak peduli seberapa letihnya tubuh, mata tetap tidak mau terpejam. Jam sudah menunjukkan bahwa hari larut malam, tapi tetap saja tidak bisa terlelap. Apalagi besok banyak tugas yang harus dikerjakan. Situasi inilah yang sering diderita oleh para penderita insomnia. Tidur yang nyenyak ditentukan juga oleh makanan apa yang dikonsumsi. Berikut penjelasannya :

Susu Sapi. Susu sapi segar mengandung tryptophan dan kalsium yang membuat otot dan syaraf lebih sehat. Kalsium pada susu dapat membantu otak menjadi lebih tenang dan mengurangi stress. Tentu tidur akan jadi lebih nyenyak.

Kacang-Kacangan. Makanan ini kaya akan vitamin B dan asam folat yang membantu tubuh untuk mengatur siklus tidur yang baik. Dari berbagai jenis kacang, kacang almond paling baik dikonsumsi penderita insomnia karena membuat tekanan darah menjadi normal sehingga mudah tertidur.

Ikan. Biasakan untuk memasak ikan dengan direbus atau dikukus agar kandungan gizinya tidak hilang. Ikan yang paling baik untuk penderita insomnia yaitu ikan salmon karena mengandung asam docosahezaenoic (DHA) yang meningkatkan hormon melatonin pada tubuh. Hormon ini dikenal sebagai pengendali siklus tidur pada otak.

Buah-Buahan terutama ceri dan pisang. Buah ceri mengandung zat melatonin, sedangkan pisang mengandung zat magnesium, potassium, dan tryptophan yang bisa membuat otot dan syaraf lebih rileks, pikiran tenang dan tidurpun mudah didapatkan.

Ubi. Selain mengandung protein kompleks, ubi juga mengandung potassium yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Potassium membantu otot lebih rileks. Kebanyakan nutrisi terdapat pada kulit ubi, jadi konsumsilah bersama kulitnya. Konsumsi ubi secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur.

Kale. Sayuran berdaun hijau gelap ini mungkin tidak banyak dikenal, namun ternyata kaya kalsium. Sebuah riset mengatakan orang yang kurang tidur juga mengalami kekurangan kalsium dalam tubuhnya. Memakan kale dapat membantu pada perbaikan pola tidur.

Edamame atau dikenal sebagai kedelai Jepang ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, beku ataupun sebagai camilan. Edamame sumber karbohidrat, protein, serat, dan beberapa vitamin. Edamame mengurangi gejala kurang tidur bagi wanita menopause, juga mengandung esterogen yang mencegah rasa panas saat malam yang bisa mengganggu tidur.

Chamomile, dikenal untuk meringankan berbagai gangguan kesehatan mulai dari keluhan sakit perut sampai kurang tidur. Chamomile dapat ditemukan dalam bentuk ekstrak dan salep yang dioleskan ke permukaan kulit.

Valerian, banyak ditemukan dalam bentuk suplemen. Valerian digunakan sebagai obat pencegah gelisah dan insomnia. Namun ada yang mengeluh sulit tidur saat menggunakan valerian sebagai suplemen setiap hari. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi kelenjar pineal dalam otak, dan bertugas mengatur aktivitas tidur. Melatonin tersedia dalam bentuk makanan suplemen alami untuk membantu memperbaiki kualitas tidur. Sebelum minum suplemen ini, konsultasilah dengan dokter lebih dahulu.

 

Mungkin Anda juga tertarik membaca :

Kita Merdekat di Dalam Tuhan Jika Penuhi Ini

4 Jurus Urus Balita Tanpa Stres

10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Insomnia

Chord Lagu : Satu Alasan

7 Cara Memilih Investasi yang Cocok Bagi Anda

Kenapa Karir Impian Saya Belum Juga Terwujud?

Sumber : tribunnews.com-yahoo.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami