Mengenal Ajaran Sosial Gereja Lewat Festival Film Cana
Sumber: ucanews.com

Internasional / 19 July 2014

Kalangan Sendiri

Mengenal Ajaran Sosial Gereja Lewat Festival Film Cana

Theresia Karo Karo Official Writer
5248

Pusat Gereja Katolik Singapura berbagi ajaran sosial gereja melalui film dokumenter lewat Festival Film Cana. Kegiatan ini merupakan kerja sama dari putri-putri St.Paulus dan Cana Catholic Centre di Singapura. Cana Catholic Centre sendiri merupakan tempat berkumpul umat Katolik di Singapura untuk berbagi, saling mendukung, tempat belajar dan bertumbuh dalam semangat kasih, sukacita dan damai dengan semua orang.

Dalam acara ini Winifred Loh, Ketua Festival Film Cana menjelaskan, "Festival Film Cana adalah sebuah platform untuk film dokumenter, film pendek dan film feature independen bagi umat Katolik, keluarga dan teman-teman agar lebih mengenal media dan ajaran sosial Gereja."

Tujuannya adalah agar umat Katolik mengetahui esensi dari misi sosial gereja dan peran iman dalam kehidupan. Sasaran kegiatan ini ditujukan bagi anak-anak dan orang dewasa. Bukan hanya karya dari Singapura yang ditunjukkan, termasuk film dari Australia, India, Iran, Belgia, Indonesia, Lithuania, dan Turki. Terutama yang mengandung sepuluh pokok ajaran sosial gereja seperti martabat manusia, keadilan, subsidiaritas, partisipasi, kesejahteraan umum, berpihak kaum miskin, solidaritas, martabat kerja, martabat penciptaan dan mendukung perdamaian. 

Winifred sangat bersyukur dengan antusias yang ditunjukkan, baik dari insan perfilman dan umat Katolik setempat. Melalui film ini dia juga berharap agar penonton bisa tersentuh dan terinspirasi lewat pesan yang tersirat. "Bahkan jika para penonton melakukan dengan refleksi pribadi dan doa, itu adalah benih perubahan. Dalam banyak kasus, film ini sebagai perspektif alternatif untuk membuka pikiran penonton," ungkapnya. Persoalan yang dihadapi umat Katolik saat ini menurut Winifred sangat kompleks. Diantaranya adalah materialisme yang meningkat, perceraian, kesenjangan sosial, serta perubahan isu sosial.

Pendekatan kepada umat Katolik ini sangat kreatif. Pesan dari Tuhan bisa juga diterima lewat film, sehingga banyak kalangan yang bisa terinspirasi dan menjadi bahan perenungan yang sesuai dengan keadaan nyata yang terjadi di masa kini.

 

Baca Juga:

Setelah Ditinggal Suarez, The Reds Sibuk Belanja

Manchester United Jajal Kemampuan 'The Next Ronaldo'

Iwan Fals: Gaza, Panggung Setan Paling Tega!

Operasi Tangkap Tangan, KPK Amankan Lima Tersangka dan Dollar

Brave, Serukan Tantangan Iman Karya Moriah Peters

Jangan Buru-Buru Pacaran Kalau Masih...


Sumber : Catholicnewsagency/Ucanews.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami