PPLN: WNI Luar Negeri Antusias Datangi TPS Pilpres

PPLN: WNI Luar Negeri Antusias Datangi TPS Pilpres

Lori Official Writer
2457

Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia sudah terlebih dulu di sejumlah negara sejak 4-6 Juli 2014 ini. Dari sejumlah negara yang sudah menggelar Pilpres, Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) mengaku gembira lantaran antusias warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri sangat besar.

Di Melbourne misalnya, Ketua PPLN di negara bagian Victoria, Isvet Novera melaporkan bahwa bahwa Pilpres yang digelar pada Sabtu (5/7) diikuti oleh 12000 pemilih. Antusias WNI tampak dari niat mereka dengan hadir sebelum TPS Kantor Besar Republik Indonesia (KBRI) dibuka dan tetap setia menunggu.

“Kami senang banyak yang datang karena sebenarnya cuaca dingin, dan pada akhir pekan, bisa saja mereka sebenarnya tinggal di rumah yang mestinya lebih hangat,” ujar Isvet, seperti dilansir Kompas.com, Sabtu (5/7).

Hal senada juga terjadi di Pilpres di Ukraina dan Rusia pada Jumat (4/7) kemarin. Jumlah WNI yang berpartisipasi dalam Pilpres dilaporkan lebih tinggi dibanding dalam Pemilihan Legislatif sebelumnya. Seperti di Rusia, jumlah pemilih meningkat dari 45 orang pada pemilihan legislatif menjadi 61 orang di Pilpres.

“Masyarakat Indonesia di Moskow tetap antusias untuk memberikan hak suaranya meskipun tengah berpuasa. Siapa pun yang nanti akan terpilih tentunya merupakan pilihan terbaik dari masyarakat Indonesia,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Djauhari Oratmangun, seperti dilansir Detik.com, Sabtu (5/7).   

Kendati sejumlah negara telah terlebih dahulu menggelar Pilpres, penghitungan perolehan suara tetap akan berlangsung serentak dengan di dalam negeri pada Rabu (9/7), seperti tertera dalam Surat Keputusan KPU Nomor 462/Kpts/KPU/Tahun 2014.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Inilah Potensi Ancaman Suksesnya Pilpres

3 Kejutan Tak Terduga Bagi Kubu Jokowi-JK

JK: Debat Bukan Soal Menang dan Kalah

Dokter: Puasa Sembuhkan Maag Fungsional

4 Kreatifitas Unik Sepanjang Kampanye Capres

Sumber : Kompas.com/Detik.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami