7 Teh Herbal Yang Berkhasiat Bagi Pencernaan

7 Teh Herbal Yang Berkhasiat Bagi Pencernaan

Theresia Karo Karo Official Writer
13995

Pencernaan merupakan bagian penting dari proses pengolahan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seringkali gangguan pencernaan hanya dianggap sepele, maka hal ini akan berkembang menjadi penyakit yang lebih kronis. Pencernaan bermasalah kerap diiringi dengan kembung, diare, mual, dan sembelit. Kalau sudah begini, maka akan mempengaruhi banyak hal lainnya, mulai dari penyerapan nutrisi yang terganggu hingga aktifitas yang terbengkalai bila tidak ditangani dengan tepat.

Problem pencernaan seringkali disebabkan oleh bakteri, virus, menu makanan yang salah hingga gaya hidup. Bila sudah begini, anda tidak harus selalu bergantung dengan obat-obatan kimia. Manfaat teh untuk pencernaan sudah dikenal sejak lama. Sejak dulu, banyak yang menggunakan teh hitam pahit sebagai obat sakit perut. Rawat kesehatan pencernaan dengan berbagai teh herbal yang tepat seperti berikut:

Teh peppermint

Mangatasi masalah pencernaan teh peppermint berperan dalam mengurangi pembentukan gas di perut. Cara membuatnya cukup mudah, daun peppermint langsung diseduh dengan air panas dan tidak perlu ditambahkan daun teh.

Teh jahe

Bumbu dapur yang satu ini, selain member kehangatan, khasiatnya mengatasi berbagai macam keluhan pencernaan. Misalnya seperti diare, kembung dan perut dingin. Cukup dengan menambahkan potongan-potongan jahe ke dalam air teh hitam yang mendidih, dinginkan hingga hangat dan siap untuk dinikmati.

Teh daun jati cina (teh daun senna)

Mungkin anda sering mendengar khasiat teh ini dalam mengurangi berat badan. Hal ini terjadi karena khasiatnya yang melancarkan pencernaan. Bagi anda yang susah buang air besar dan ingin membersihkan pencernaan, teh jenis ini patut dimasukkan dalam daftar belanja anda.

Teh chamomile

Masalah peradangan organ percernaan, dapat diatasi dengan teh ini. Pembuatannya cukup dengan menambahkan bunga chamomile pada teh hijau atau teh hitan saat diseduh dengan air panas.  

Teh lemon balm (Melissa officinalis)

Tanaman lemon balm menjadi bahan untuk membuat teh ini. Khasiatnya adalah untuk memulihkan vitalitas, gangguan pencernaan, serta menyejukan saraf-saraf yang tegang. Teh jenis ini biasa dikonsumsi orang-orang Mediterania 

Teh dandelion

Teh yang satu ini terbuat dari seluruh bagian tanaman dandelion. Bisa daun, batang, bunga, hingga akarnya. Teh jenis ini banyak mengandung vitamin A, C, D, dan B kompleks serta zat besi potasium, dan seng. Berfungsi untuk meningkatkan efektivitas pencernaan. Misalnya saja ,menyehatkan lambung, meningkatkan nafsu makan, mengurangi pembentukan gas perut, melancarkan buang air besar, dan membuat kenyang.

Teh hijau

Berperan dalam melancarkan proses pencernaan. Khasiatnya hampir sama dengan teh daun jati. Kelebihan lainnya adalah kaya akan antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas penyebab berbagai macam kanker.

Berikut adalah ulasan teh herbal dalam merawat system pencernaan anda. Selain ini, jangan lupa pula untuk mengatur pola makan serta nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Selamat mencoba!

 

Baca Juga:

Setelah Lambert, Liverpool Resmi Rekrut Lallana

Akhir Pencarian Tiga Remaja Israel Berujung Perang

Konser Maher Zain, Nuansa Damai Pilpres Dalam Ramadhan

Dendam Pada Ayah Membawa Mario 'Akrab' Dengan Kehancuran

Jelang Pilpres, Papua 'Ramai' Provokasi

Politik Uang, Prabowo: Terima dan Tetap Coblos Nomor Satu

Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami