WNI di 2 Negara ini Ramai-ramai Suport Jokowi-JK

Nasional / 5 July 2014

Kalangan Sendiri

WNI di 2 Negara ini Ramai-ramai Suport Jokowi-JK

Budhi Marpaung Official Writer
2297

Antuasisme terhadap Pemilihan Presiden 2014 ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Para warga negara Indonesia yang berada di luar negeri pun juga begitu bersemangat dengan jalannya pesta demokrasi di Nusantara.

Sebagai salah satu bukti, para WNI yang ada di dua negara luar yakni Inggris Raya dan Tiongkok secara terbuka menyatakan dukungan (suport) kepada calon presiden-calon wakil presiden nomor urut dua, Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Seperti diungkapkan Relawan Jokowi-Kalla untuk United Kingdom Patrya Pratama kepada Kompas.Com melalui surat elektronik, sebanyak 422 warga mendeklarasikan dukungan mereka pada 5 Juli 2014 waktu Inggris di Parliament Square di London. 

"Jumlah simpatisan melonjak dalam dua hari, dari 186 nama menjadi 422 nama," demikian ujar Patrya. 

Sementara itu, para WNI yang tersebar di berbagai kota di Tiongkok mendeklarasikan dukungan mereka di Stadion Nasional Beijing pada pekan lalu. Gerakan yang mereka beri nama "Ninhao Jokowi", atau "Apa Kabar Jokowi" tersebut didorong atas dasar pemikiran bahwa Jokowi-JK adalah sosok pemimpin yang penuh dengan terobosan yang inovatif, berpengalaman, teruji, dan berprestasi memimpin pemerintahan.

“Keduanya telah membuka seluas-luasnya partisipasi masyarakat umum dari awal untuk turut memberikan dukungan dalam berbagai bentuk, yang pada akhirnya menimbulkan gerakan-gerakan massa dari berbagai kalangan, yang menginspirasi, mendidik, dan mencerahkan anak bangsa,” kata Yeremia Lalisang, mahasiswa program doktor pada Xiamen University.

Meskipun dukungan yang diberikan kepada Jokowi-JK oleh sejumlah elemen masyarakat dari dalam maupun luar negeri begitu banyak, tetapi kepastian mengenai apakah keduanya yang akan menjadi Presiden-Wakil Presiden 2014-2019 bakal ditentukan dari hasil rekapitulasi suara nasional yang diumumkan oleh KPU Pusat beberapa minggu ke depan.

 

Baca juga:

Elektabilitas Prabowo-Hatta Belum Bisa Lampaui Jokowi-JK

Broken Vessels (Amazing Grace), Lagu Hillsong Dengan Sentuhan Baru

Kuasa "Lidah" Tak Bertulang

Thread Forum JC: Nobar Piala Dunia 2014

Batasan-batasan Orangtua Lakukan PDA di Depan Anak

Sumber : kompas.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami