Gunung Sinabung Kembali Meletus, Pemerintah Turunkan Dana Relokasi

Nasional / 30 June 2014

Gunung Sinabung Kembali Meletus, Pemerintah Turunkan Dana Relokasi

Theresia Karo Karo Official Writer
3261

Gunung Sinabung di Sumatra Utara kembali meletus pada Minggu (29/6) malam, hal ini diinformasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Peningkatan aktivitas yang berstatus siaga III ini telah disebarkan kepada warga sekitar Gunung Sinabung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, “tinggi kolom letusan 4.000 meter dan luncuran awan panas 4.500 meter ke arah tenggara,” ungkapnya melalui pesan singkat kepada Antara di Jakarta (29/6).

Letusan ini tidak terlihat secara visual karena cuaca hujan dan berlangsung saat malam hari. Sutopo mengatakan bahwa kondisi saat ini masih dinilai aman, karena awan panas mengarah ke desa yang masih dikosongkan yakni Desa Berastepu.

Hujan abu menyebar hingga ke arah Desa Sigarang-garang dan Desa Sukanalu. Sampai saat ini pihak BNPB menyatakan belum ada korban jiwa yang diakibatkan oleh letusan ini. Atas kejadian ini Sutopo juga turut menyampaikan bahwa pemerintah memberikan bantuan berupa uang sewa rumah bagi pengungsi yang direncanakan untuk relokasi. Dana tersebut digunakan untuk perbaikan rumah warga. “Perbaikan rumah warga yang sudah diperbolehkan pulang dilakukan melalui Karya Bhakti bersama warga desa,” ungkap Sutopo.

Saat ini jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung, tercatat sebanyak  14.382 jiwa (4.475 KK) terdiri dari 13.170 jiwa, (4.105 KK) di 28 titik penampungan dan 1.212 jiwa (370 KK) di hunian sementara/rumah sewa.

 

Baca Juga:

Paus Fransiskus: Legalisasi Narkoba Bukan Solusi

Korea Utara Ultimatum Amerika Karena The Interview

Jeffrey Kairupan: Awal Buruk Bisa Berakhir Mulia

Kalah Taruhan Bola, Mahasiswa Bunuh Diri di Kampus

Menang atas Nigeria, Messi Berasal Dari Jupiter?

Sumber : Antaranews/Inilah.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami