Pilihan Boleh Beda, Keharmonisan Rumah Tangga Tetap Utama
Sumber: beritapublik.com

Marriage / 24 June 2014

Kalangan Sendiri

Pilihan Boleh Beda, Keharmonisan Rumah Tangga Tetap Utama

Puji Astuti Official Writer
2774

Di suatu pagi, seorang anak menanyakan kepada ibunya tentang pilihannya dalam Pemilihan Presiden  pada 9 Juli nanti. Sang ibu dengan semangat menjawab, “Ya jelas pilih Pak Prabowo dong, dia kan gagah dan ganteng, ngga kaya Jokowi yang tampangnya ndeso. “

Sang suami yang sedang menyeruput kopi sambil memegang koran pagi langsung tersedak mendengar pernyataan istrinya itu.

“Bu, klo ngomong mbok dipikir dulu!” ujar suaminya ketus.

“Milih presiden kok dilihat dari tampangnya, lihat visi misinya, teliti dengan jelas track recordnya, jangan cuma kesengsem sama tampangnya yang gagah dan ganteng doang. Emangnya kita mau pilih model untuk majalah apa,” tambah sang suami dengan penuh emosi.

Pertanyaan sang anak yang sebenarnya cuma iseng itu akhirnya menjadi masalah panjang bagi bapak dan ibunya yang ternyata memiliki pandangan dan pilihan yang berbeda dalam politik. Bahkan berujung perang dingin di kamar tidur dan meja makan, karena tidak ditemukan kata “damai”. Namun apakah hal ini bisa terjadi? Walau cerita di atas hanya fiksi belaka, namun realita tentang perbedaan pandangan politik ini bisa kita temukan dengan mudah dalam keseharian, bahkan ada yang membawa konflik itu hingga ke kamar tidurnya atau mempengaruhi kehidupan seks mereka.

Lalu bagaimana menyelamatkan kebahagiaan rumah tangga namun tetap dengan mempertahankan keyakinan dan pilihan masing-masing? Berikut adalah tipsnya :

  • Hargai pandangan pasangan Anda

Tidak ada yang menang atau kalah saat bicara tentang pandangan pribadi atau kepercayaan seseorang. Satu-satunya cara untuk mengatasi perbedaan pandangan ini adalah dengan menghargai perbedaan tersebut. Anda bisa menghargai perbedaan pandangan dengan pasangan Anda jika Anda sungguh-sungguh menghormati dan mencintai dia. Hal ini juga menjadi teladan bagi putra-putri Anda tentang toleransi dan keberagaman dalam masyarakat. Jika mereka sudah belajar menghargai perbedaan dalam keluarga, maka akan lebih mudah saat mereka berada dalam masyarat yang lebih kompleks dan luas.

  • Ungkapkan perbedaan dengan cara santun dan humor

    Inilah saatnya Anda menggunakan seni komunikasi, yaitu saat menanggapi perbedaan pandangan dengan cara yang santun dan dengan humor. Perhatikan intonasi dan tekanan suara Anda saat berbincang dengan pasangan, jangan mudah terpancing emosi.

    • Jangan coba mengubah pandangan pasangan Anda

    Ingatlah bahwa manusia diberikan kehendak bebas oleh Tuhan dan Negara melindungi hak tersebut, jadi jangan biarkan ego Anda menguasai dan mencoba mengubah pandangan pasangan Anda. Ingatlah bahwa apapun pendapat pasangan Anda dalam politik, dia tetap mencintai Anda. Ijinkan perbedaan menjadi perekat hubungan Anda, jika dia memiliki perbedaan pandangan politik, mungkin saja ada hal-hal lain yang harus Anda pelajari tentang dirinya. Jadikan hal itu memacu Anda untuk semakin hari semakin mengenal dia. “Misteri” adalah sesuatu menyemarak dalam cinta, jadi buatlah hal itu menjadi petualangan baru dalam hubungan pernikahan Anda.

    Konflik adalah bagian dari kehidupan, jangan jadikan konflik karena perbedaan pandangan sebagai pemicu keretakan hubungan Anda dengan pasangan. Namun olah perbedaan itu menjadi perekat dan penyemarak hubungan dan romantisme dalam rumah tangga Anda.  Selamat menentukan pilihan!

    Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
    Halaman :
    1

    Ikuti Kami