Dukung Jokowi, Ketua Fraksi Demokrat Minta Ruhut Mundur

Dukung Jokowi, Ketua Fraksi Demokrat Minta Ruhut Mundur

Puji Astuti Official Writer
858

Dukungan dari Ruhut Sitompul kepada kubu Jokowi-JK ternyata tidak mendapat dukungan dari rekan satu partainya. Hal ini terlihat jelas dari reaksi Ketua Fraksi Demokrat di DPR RI Nurhayati Ali Assegaf yang meminta Ruhut untuk mundur karena dianggap sudah tidak sejalan dengan pandangan partai.

"Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat bertanggung jawab mengambil tindakan. Tapi lebih gentleman kalau Pak Ruhut mau mundur karena merasa sudah tidak sejalan dengan partai," demikian pernyataan Nurhayati yang dikutip Kompas.com, Senin (23/6).

Salah satu yang membuat Nurhayati cukup emosi adalah karena Ruhut menyatakan sudah mendapat ijin SBY, padahal dirinya dan juga anggota  Partai Demokrat lainnya yang mendukung Prabowo-Hatta tidak pernah membawa nama SBY.  Keputusan Ruhut mendukung Jokowi dianggap Nurhayati melanggar kode etik  karena dukungan terhadap Prabowo merupakah hasil sidang pleno fraksi dimana saat itu Ruhut tidak bisa hadir karena mengantar istri berobat ke Singapura.

Sosok Ruhut sendiri memang sering menimbulkan pro-kontra dengan berbagai pernyataan dan keputusannya. Ia bahkan selama ini sering mengkritik Jokowi. Karenanya dukungannya kepada capres dan cawapres yang diusung oleh PDI Perjuangan dan partai koalisinya menjadi sebuah kejutan. Namun ternyata alas an Ruhut cukup sederhana, yaitu karena ia menganggap kubu Jokowi-JK lebih menghargai kerja keras pemerintahan Presiden SBY selama dua periode ini.

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami