5 Kesalahan yang Tak Disadari Saat Memasak

Entertainment / 21 June 2014

Kalangan Sendiri

5 Kesalahan yang Tak Disadari Saat Memasak

Yenny Kartika Official Writer
3890

Banyak orang tahu memasak, tetapi pernahkah berpikir mengapa masakan Anda rasanya berbeda meskipun sudah mengikuti resep yang sama? Atau, mengapa Anda menghabiskan waktu terlalu lama atau terlalu sebentar untuk memasak menu-menu tertentu? Mungkin persoalannya terletak dalam hal teknis! Dalam artikel berikut ini dibahas 5 kesalahan yang umum dilakukan saat memasak namun jarang disadari.

Pertama, meninggalkan masakan untuk mengerjakan hal lain, dan berpikir bahwa masakan akan baik-baik saja. Masakan yang digoreng, dikukus, atau ditumis memang membutuhkan waktu untuk didiamkan supaya benar-benar matang, tetapi meninggalkan dapur bisa membuat Anda lengah dan akibatnya masakan menjadi terlalu matang. Sebaiknya jangan meninggalkan dapur saat proses memasak berlangsung, atau gunakan timer untuk pengingat.

Kedua, menambahkan garam pada waktu yang keliru. Ada orang yang terbiasa menambahkan garam saat masakan mulai matang, dan hasilnya masakan justru akan terasa hambar. Pasalnya, beberapa masakan (seperti kacang-kacangan dan kentang) hanya menyerap garam saat proses memasak berlangsung, bukan di akhir saat masakan sudah matang.

Ketiga, perangkat memasak yang murahan dan tidak layak pakai. Contoh perangkat masak yang sebaiknya tidak digunakan adalah wajan yang terlalu ringan dan tidak memiliki lapisan. Bahan dasar pembuat wajan yang kurang memadai membuat perangkat ini tidak bisa menjadi petunjuk suhu yang akurat. Akibatnya Anda harus menebak-nebak kematangan masakan. Sebaiknya gunakan wajan, panci, atau perangkat masak yang mempunyai dasar berat.

Keempat, menggunakan minyak terlalu banyak. Selain pemborosan, hal ini akan memicu peningkatan lemak dalam tubuh Anda, yang berakibat pada munculnya penyakit. Sebagai solusi, Anda bisa mengukus makanan terlebih dahulu, sehingga tidak diperlukan banyak minyak saat menumis.

Kelima, memasak makanan yang suhunya belum mencapai suhu ruangan. Misalnya: daging, nugget, mentega, atau telur yang disimpan dalam kulkas langsung dikeluarkan dan diolah. Padahal, bahan-bahan tersebut seharusnya didiamkan dahulu sekitar 10-15 menit atau sampai mencapai suhu ruangan. Namun ada beberapa trik agar bahan makanan tersebut mencapai suhu ruangan dengan cepat. Untuk telur yang dingin, rendam terlebih dahulu dalam mangkuk berisi air hangat selama 10 menit. Untuk mentega yang membeku, potong-potong menjadi bagian kecil sebelum dipakai menumis.

 

BACA JUGA:

Begadang dan Bangun Pagi Pengaruhi Berat Badan

Kulit Cantik dan Sehat Dimulai dari Dapur

Survei: Sibuk Bekerja, Ayah Jarang Kumpul Bersama Keluarga

VIDEO: It's Time To Wake Up!

Buat yang Ngaku CINTA Keluarga, Gabung di sini!

Sumber : berbagai sumber/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami