Begadang Demi Piala Dunia? Tubuh Kamu Perlu Ini!

Begadang Demi Piala Dunia? Tubuh Kamu Perlu Ini!

Theresia Karo Karo Official Writer
2636

Piala Dunia adalah perhelatan empat tahun sekali yang banyak dinantikan oleh penggemar sepak bola. Brasil yang ditunjuk sebagai tuan rumah menyebabkan perbedaan waktu yang cukup besar dengan Indonesia. Sehingga, siaran langsung pertandingan kebanyakan ditayangkan saat dini hari. Bagi penggemar sepak bola tentu hal ini bukan halangan. Demi menyaksikan laga tim kesayangan, begadang menjadi pilihan agar tidak ketinggalan euphoria Piala Dunia bersama teman-teman.

Begadang sesungguhnya menyita waktu tubuh untuk beristirahat. Menurut dr. Djoko Santoso, M.Kes, DAHK (dosen FK-Universitas Brawijaya), “kondisi umum orang begadang adalah kurang tidur, kelelahan, tegang/stres serta lapar dan haus.” Untuk itu, agar tetap sehat perhatikan asupan yang menjadi teman begadang anda:

Camilan

Camilan yang dimaksud adalah camilan sehat. Pilihan camilan sehat ini beragam, dari kacang kulit, kentang, pisang atau jagung rebus.

Vitamin

Asal vitamin yang baik berasal dari buah dan sayuran. Anda dapat menghidangkannya dalam bentuk jus atau dimakan langsung. Kandungan ini dapat memperkuat daya tahan tubuh selama begadang.

Air

Minum banyak air putih, bila anda bosan bisa menggantinya dengan air lemon. Vitamin C lebih  ampuh memulihkan tubuh dari kelelahan akibat begadang daripada minum kopi.

Hindari Gula

Sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi gula atau camilan manis. Sebuah studi tahun 2008 mengungkap, konsumsi fruktosa atau gula berlebihan berhubungan dengan peningkatan risiko kondisi resistensi leptin. Leptin merupakan hormon yang memberi tahu otak jika perut sudah kenyang. Jika tubuh mengalami resistensi leptin, maka otak tidak akan merasa terpuaskan meski tubuh sebenarnya sudah kenyang.

Protein

Asupan protein hewani seperti dari daging dan ikan segar sangat dibutuhkan tubuh sehabis bergadang. Bagi anda yang bergadang sangat dianjurkan untuk mengawali pagi dengan makanan yang mengandung protein.

Meskipun begitu, dianjurkan untuk anda dapat memberi waktu tubuh untuk beristirahat. Sama halnya dengan mesin mobil, bila dipacu terus menerus kemungkinan untuk rusak juga lebih tinggi. Kesehatan tubuh tetap yang terutama, anda tidak akan bisa melakukan aktifitas bila tidak didukung tubuh yang prima.

 

Baca Juga:

Kardinal Zen Kritik Rencana Pro-Demokrasi Hong Kong

Hat-Trick Muller Berpotensi Raih Golden Boot

Bayangan Politik Di Piala Dunia

Tim Siluman di Belakang Capres dan Cawapres

Angelina Jolie Buka Konferensi Kekerasan Seksual Terbesar

Sumber : Mahasiswabatak/Viva.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami