Apakah Gereja Anda Memperhatikan Anak Berkebutuhan Khusus ?

Pelayanan Anak / 18 June 2014

Kalangan Sendiri

Apakah Gereja Anda Memperhatikan Anak Berkebutuhan Khusus ?

Hevi Teri Official Writer
2427

 

Jika di dalam pelayanan gereja kita ada anak berkebutuhan khusus, maka tiga hal ini dapat dilakukan sebagai langkah awal untuk membantu mereka:

  1. Komunikasikan dengan orang tua; tanyakan kepada orang tua mereka apa yang dapat dilakukan sebagai pembina/pelayan anak di gereja untuk membantu mengakomodir anak mereka dalam seskolah minggu.
  2. Berikan perhatian terus menerus; perlu ketekunan dan kesabaran dalam mengakomodir anak sesuai dengan yang telah disepakati bersama orang tua.  Proses adaptasi tidak hanya untuk anak tapi juga bagi pembina anak dan orang tua dalam mengakomodasi anak serta berupaya memberikan bantuan ekstra untuk kebutuhan anak.  Dengan ketekunan, maka pembina pada akhirnya akan merasa kompeten mengajar karena telah memahami apa yang mereka butuhkan.
  3. Tindak lanjut; tetap komunikasikan dengan orang tua untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian.

Langkah lainnya yang dapat lebih membantu anak-anak berkebutuhan khusus dan keluarganya, pembina anak dapat memperlengkapi diri untuk lebih memahami kebutuhan anak-anak spesial ini melalui informasi dan pelatihan.  Dalam hal ini dapat berpartner dengan sebuah lembaga mengadakan pelatihan bagi guru-guru/pendamping anak untuk menangani anak berkebutuhan khusus.  Salah satunya adalah Yayasan Rumah Anak Mandiri yang dapat membantu menjadi partner dalam mendidik dan melatih anak spesial sehingga menjadi pribadi yang mandiri.  Untuk informasi dapat menghubungi 021-73445265/021-70025348.

Seorang guru yang baik dapat memahami muridnya, mencintai dan peduli dengan kebutuhan muridnya.  Sebagai guru sekolah minggu/pembina anak dalam gereja bukankah sudah seharusnya berusaha menjadi guru yang terbaik, yang merawat setiap anak seperti cara Kristus merawat mereka?

 

selesai

 


Anak Bersinar Bangsa Gemilang

 

 

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami