Apakah Gereja Anda Memperhatikan Anak Berkebutuhan Khusus ?
Sumber: google

Pelayanan Anak / 17 June 2014

Kalangan Sendiri

Apakah Gereja Anda Memperhatikan Anak Berkebutuhan Khusus ?

Hevi Teri Official Writer
5586

 

Setiap anak pasti memiliki kemampuan, bakat dan talenta yang dapat diolah dan dikembangkan sehingga setiap anak itu menjadi pribadi yang mandiri.  Begitu juga dengan anak-anak berkebutuhan khusus.  Diperkirakan ada sekitar 5-7 % dari populasi anak s.d usia 18 tahun, atau sekitar 5,5-10,5 juta anak masuk dalam kategori berkebutuhan khusus.

Istilah anak berkebutuhan khusus adalah klasifikasi untuk anak dan remaja secara fisik, psikologis dan atau sosial mengalami masalah serius dan menetap. Anak berkebutuhan khusus ini dapat diartikan mempunyai kekhususan dari segi kebutuhan layanan kesehatan, kebutuhan pendidikan khusus, pendidikan layanan khusus, pendidikan inklusi, dan kebutuhan akan kesejahteraan sosial dan bantuan sosial. 

Kini pertanyaannya adalah, seberapa besar perhatian Gereja bagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus ini?  Biasanya orang-orang yang tidak terbiasa dengan anak-anak berkebutuhan khusus berusaha menghindar alih-alih mencari tahu bagaimana memberikan bantuan ekstra bagi mereka.  Mengasuh anak berkebutuhan khusus memang memerlukan effort yang lebih besar, tapi bukan berarti hal yang mustahil untuk dilakukan. 

Gereja seharusnya menjadi tempat dimana anak-anak menerima lebih banyak cinta, perawatan, perhatian dan penerimaan dibandingkan di tempat lain (lih. 1 Kor 12:22-25).  Dalam keterbatasan mereka, anak-anak ini memiliki tantangan belajar yang unik.  Jika di sekolah anak-anak dibantu agar mereka berhasil dalam kelas, maka bukankah seharusnya gereja berusaha membantu mereka belajar tentang Tuhan dengan cara yang terbaik ?

 

 


Anak Bersinar Bangsa Gemilang

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami