Tunjukan Kepedulian Kita Terhadap Saudara Penyandang Disabilitas

Single / 9 June 2014

Kalangan Sendiri

Tunjukan Kepedulian Kita Terhadap Saudara Penyandang Disabilitas

daniel.tanamal Official Writer
2630

Mungkin ada dari kita yang mempunyai seorang saudara yang berkebutuhan khusus ataupun penyandang disabilitas. Ketahuilah bahwa merekapun membutuhkan pelayanan dan pendidikan khusus dalam kerangka pengembangan dirinya sebagaimana layaknya seorang manusia. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melayani mereka.

Perhatian Utama

Berikan mereka perhatian dan respon yang tinggi terhadap apapun yang mereka butuhkan, sembari mengajari mereka dengan harapan nantinya mereka akan mengerjakan sendiri apa yang dibutuhkan.

Selalu Libatkan Mereka

Libatkan mereka dalam setiap interaksi dan kegiatan. Hal ini akan membuat mereka terbiasa dan tidak merasa rendah diri terhadap siapapun. Berikan juga motivasi dan pengertian bahwa sesungguhnya mereka tidaklah berbeda dari siapapun juga.

Sabar dan Tegas

Selalu bersikap sabar terhadap apapun yang terjadi dan dialami dalam kehidupan mereka. Ada beberapa hal yang memeng kita harus tegas agar mereka tetap terkontrol dan tidak keluar jalur.

Manusia Normal

Tekankan kepada mereka bahwa mereka adalah manusia normal yang dapat berbuat apapun selayaknya manusia normal, disamping memberikan pengertian juga bahwa dalam kondisi mereka, tetap harus ada yang diperhatikan agar mereka tidak terjerumus dan terpengaruh oleh hal-hal yang tidak baik.

 

 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami