Peran Ayah dalam mendidik Anak
Sumber: google

Pelayanan Anak / 9 June 2014

Kalangan Sendiri

Peran Ayah dalam mendidik Anak

Hevi Teri Official Writer
1545

Efesus 6:4

“Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.” (Efesus 6:4)

Kita meyakini bahwa seorang anak dilahirkan ke dalam dunia dengan membawa natur dosa dan memiliki dosa asal dalam diri mereka. Oleh karena itu, penting bagi seorang anak untuk dibawa percaya kepada Tuhan, dan dididik kepada keserupaan dengan Kristus. Inilah pentingnya pendidikan bagi seorang anak. Sekalipun peran mendidik saat ini banyak dipegang oleh para ibu, namun sebenarnya ayah juga tidak terelakkan dari tanggung jawab dalam mendidik anak.

Alkitab banyak mencatat mengenai peran ayah dalam mendidik anak-anak mereka. Dalam Ulangan 6:6-7; 11:19, Tuhan memerintahkan para ayah untuk terus mengajarkan dan membicarakan Taurat Tuhan siang dan malam kepada anak-anak mereka. Sedangkan dalam Perjanjian Baru, Paulus juga mengajarkan para ayah untuk mendidik anak mereka (Kol. 3:21). Selain itu, Efesus 6:4 merupakan nasihat praktis Paulus kepada para ayah, agar mereka mendidik anak-anak mereka dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Ayah memiliki tanggung jawab di hadapan Tuhan untuk membawa anak-anak hidup dalam ketetapan dan perintah Tuhan, sedangkan para ibu juga seharusnya menjadi rekan para ayah dalam mendidik anak. Para ibu juga harus menyadari, bahwa ada bagian-bagian dalam keberadaan ayah yang tidak dapat digantikan oleh keberadaan ibu dalam pendidikan anak. Oleh karena itu, para ibu harus memberikan ruang bagi anak-anak untuk berelasi dan berinteraksi ayah mereka, agar setiap anak dapat bertumbuh menjadi pribadi yang baik dan utuh.

Para ayah seharusnya dapat menjadi sosok teladan Kristus bagi anak-anak mereka. Teladan Kristus yang dimaksud adalah di dalam mengajar, membimbing dan memuridkan anak-anak mereka dalam Tuhan. Meskipun tantangan dan beban mencari nafkah semakin hari semakin berat, hal tersebut tidak boleh membuat para ayah melalaikan perintah Tuhan dalam mendidik anak-anak mereka. Mengapa? Karena peran mereka dalam mendidik anak adalah peran yang tidak tergantikan dalam pertumbuhan anak-anak yang Tuhan percayakan.

 

Saat Teduh Harian

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami