Kontras Tantang Jokowi Usut Tragedi Mei 98

Kontras Tantang Jokowi Usut Tragedi Mei 98

daniel.tanamal Official Writer
1939

Capres Joko Widodo atau Jokowi ditantang oleh Komisi Orang Hilang Akibat Tindak Kekerasan (Kontras) untuk berani mengusut kasus tragedi 1998. Kontras menyebut sejumlah nama diduga terlibat dalam tragedi itu.

Koordinator Kontras Harris Azhar mengatakan hal itu di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (5/6/2014) usai memberi masukan ke KPU untuk memasukkan materi HAM dalam debat capres. "Kalau Jokowi menang, terus ada Wiranto di situ, kita perlu tanya pada Jokowi anda berani menyelesaian kasus-kasus yang di '98 nggak, yang Wiranto diduga terlibat, kasus semanggi 1 dan 2," katanya.

Selain kasus tragedi 1998, Harris juga mempertanyakan keberanian Jokowi dalam membuka kembali kasus kematian aktivis HAM Munir. "Kasus Hendropriyono, kita perlu tanya. Kita melakukan ini bukan hanya pemilu aja," katanya.

Harris menegaskan, Kontras dan keluarga korban tidak berpihak kepada pasangan calon mana pun. Pihaknya hanya mendesak upaya penyelesaikan kasus pelanggaran HAM pada Presiden terpilih nanti. "Kalau kami dan keluarga korban cuma 1, kita minta penyelesaian pelanggaran HAM, siapa pun yang jadi Presiden. kami tidak berpihak untuk memilih satu dan lainnya," ujarnya.

 

 

 


Sumber : detiknews

Ikuti Kami