Dewan Gereja Dunia: Lawatan Paus Perkuat Perjuangan Gereja
Sumber: metrotvnews.com

Nasional / 1 June 2014

Kalangan Sendiri

Dewan Gereja Dunia: Lawatan Paus Perkuat Perjuangan Gereja

daniel.tanamal Official Writer
2711

Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC), Pdt Dr Olav Fykse Tveit menilai lawatan Paus Fransiskus ke timur tengah pecan ini sangat memperkuat perjuangan gereja-gereja di wilayah tersebut yang tertindas dan kesulitan ekonomi.

“Lawatan Paus pekan lalu dan doa bersama dalah tanda yang kuat dari komitmen terhadap keadilan dan perdamaian bagi semua orang di wilayah tersebut. Ini memperkuat gereja di wilayah tersebut, bahkan saat gereja terus berjuang di bawah tekanan dari konflik di wilayah tersebut, yang menderita di bawah pendudukan, seperti orang-orang Kristen di Palestina, dan kesulitan ekonomi regional,” kata Tveit.

Tveit juga mengungkapkan harapannya dalam deklarasi antara Paus Fransiskus dengan Patriark Bartolomeus terkait  peran dalam dialog antaragama. “Ini sangat penting untuk seluruh persekutuan jemaat kita, apakah mereka mayoritas agama atau agama minoritas dalam masyarakat mereka. Dialog ini sangat penting terutama dalam latar belakang seperti Timur Tengah.”

WCC adalah persekutuan global 345 gereja termasuk hampir semua gereja Ortodoks di dunia serta Anglikan, Baptis, Lutheran, Methodist, Injili, Pantekosta dan Gereja-gereja Reformasi.

Patriarkat Ekumenis Konstantinopel adalah salah satu anggota pendiri WCC pada tahun 1948, dan pada tahun 1920 telah mengundang semua gereja-gereja Kristen bersama-sama untuk membentuk Liga Gereja mirip dengan Liga Bangsa-Bangsa.

Melalui gereja-gereja anggotanya, WCC mewakili lebih dari 560 juta orang Kristen di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.Walaupun Gereja Katolik Roma bukanlah anggota dari WCC, keduanya bekerja sama erat pada proyek-proyek yang terkait dengan kesatuan Kristen, kesaksian bersama, dialog dan hubungan antaragama, formasi ekumenis, hak asasi manusia, migrasi dan perdamaian dan keadilan

 

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami