Dewan Gereja Dunia Puji Pertemuan Paus Dengan Patriark Bartolomeus
Sumber: ucanews.com

Nasional / 30 May 2014

Kalangan Sendiri

Dewan Gereja Dunia Puji Pertemuan Paus Dengan Patriark Bartolomeus

daniel.tanamal Official Writer
4236

Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC), Pdt Dr Olav Fykse Tveit memuji langkah Paus Fransiskus bertemu dengan Patriark Ekumenis Konstantinopel Bartolomeus. Pertemuan itu menjadi panggilan bersama gereja menuju satu jalan perdamaian.

“Adalah penting bahwa Uskup Roma dan Patriark Konstantinopel bertemu untuk mengonfirmasi panggilan ini dari gereja menuju kesatuan seperti pendahulu mereka yang dilakukan 50 tahun lalu. Dan bahwa ini dipandang sebagai langkah penting menuju persekutuan dalam ‘keanekaragaman yang sah,” kata Tveit.

Dalam pertemuan, Paus dan Patriark Bartolomeus mengeluarkan Deklarasi Umum yang menyebutkan perjanjian untuk melanjutkan jalan menuju kesatuan antara gereja-gereja Katolik Roma dan Ortodoks. “Pertemuan persaudaraan kita hari ini adalah langkah baru dan diperlukan pada perjalanan menuju kesatuan yang hanya Roh Kudus dapat memimpin kita, bahwa persekutuan dalam keragaman yang sah,” begitu bunyi deklarasi tersebut.

Selain itu Dokumen tersebut juga menunjuk ke arah pentingnya mereka telah bertemu di Yerusalem dan Tanah Suci, dan pentingnya fakta ini untuk gereja-gereja di wilayah Timur Tengah.

 

 

 


Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami