Sampaikan Terima Kasih, Aku Jalan Kaki Untuk Australia
Sumber: stephen dau

Internasional / 29 May 2014

Kalangan Sendiri

Sampaikan Terima Kasih, Aku Jalan Kaki Untuk Australia

Lois Official Writer
2436

Pendeta Tri Nguyen dari Gereja Baptist Brunswick, seorang mantan pengungsi dari Vietnam bersama timnya melakukan jalan kaki dari Melbourne ke Canberra dengan jarak lebih dari 600 kilometer untuk menyatakan terima kasihnya karena Australia sudah menerimanya sebagai warga. Perjalanan ini memakan waktu 35 hari.

Sambil menarik sebuah miniatur perahu, pendeta ini berjalan melewati semua musim. Perahu itu sendiri merupakan simbol perahu yang digunakannya ketika meninggalkan Vietnam tahun 1982. “Saya merasa terhormat, bisa melakukan perjalanan seperti ini guna mengucapkan terima kasih kepada Australia dan Parlemen Australia, karena hadiah status pengungsi yang saya dan banyak orang terima,” ujarnya.

Tri Nguyen membagi kisah hidupnya setiap malam dengan orang-orang yang dia temui di kota, gereja, dan pusat kemasyarakatan lainnya. “Orang-orang ini sebenarnya mempersilahkan orang asing masuk ke rumah mereka, memberikan kami tempat tidur dan tempat mandi. Mereka membuat acara sehingga saya bisa berbagi cerita. Ini merupakan hal yang paling berkesan selama perjalanan,” ujarnya lagi.

Tri Nguyen meninggalkan Vietnam bersama ayah dan adik perempuannya, setelah gagal tiga kali pertama percobaan. Ibunya bersama kedua adiknya yang lain tetap tinggal di Vietnam. Baru beberapa tahun kemudian mereka menyusul ke Australia. Perjalanan Nguyen waktu itu sangat berat dan masih menyisakan trauma, terutama saat perahu mereka ditahan oleh pembajak.

Itu sebabnya ide untuk mengucapkan terima kasih kepada Australia pun muncul di benak Nguyen. "Mungkin saya bisa memasang roda di perahu kayu saya dan menariknya ke Canberra, untuk diberikan kepada Parlemen sebagai hadiah Natal, guna mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sudah kami terima sebelumnya. Malam itu, saya tidak bisa tidur karena begitu semangat dengan rencana perjalanan tersebut," ceritanya. Perahu itu kini disimpan di sebuah gereja di Canberra, untuk diberikan kepada Parlemen saat kesempatan baik itu datang.

 

Baca juga :

Tips Pintar Cari Modal Awal Untuk Usaha

Berbagai Tantangan yang Bikin Hubungan Tambah Lengket

5 Kebutuhan Manusia yang Harus Dipenuhi

Saya Mengerti Bagaimana Caranya

Twitter Akan Ungkap Semua Tweet Pada Ilmuwan

Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami