Bahasa Yesus Kristus Diperdebatkan Paus Fransiskus dan PM Israel

Nasional / 28 May 2014

Kalangan Sendiri

Bahasa Yesus Kristus Diperdebatkan Paus Fransiskus dan PM Israel

daniel.tanamal Official Writer
3245

Lawatan Paus Fransiskus selama tiga hari di Israel dan Palestina mempunyai beberapa catatan peristiwa tersendiri. Terutama ketika Paus dan PM Israel Benyamin Netanyahu sempat berdebat sengit tentang bahasa yang digunakan Yesus sekitar 2.000 tahun lalu.

"Yesus hidup di sini, di tanah ini. Dia berbicara dalam bahasa Ibrani," kata Netanyahu kepada Paus Fransiskus dalam sebuah pertemuan di Jerusalem, Senin (26/5/2014). Namun Paus pun langsung membalas, "(Bahasa) Aramaik." Tidak mau kalah, Netanyahu kembali menimpali, “Dia (Yesus) bicara bahasa Aramaik, tetapi dia memahami bahasa Ibrani."

Menurut Pakar bahasa Israel, Profesor Ghil'ad Zuckermann, kedua pernyataan PM Netanyahu dan Paus Fransiskus tersebut tentu mengandung kebenaran. "Bahasa ibu Yesus adalah Aramaik. Namun, Yesus juga pasti memahami bahasa Ibrani karena banyak tulisan keagaamaan saat itu yang ditulis dalam bahasa Ibrani," ujar sang professor tersebut mengenai bahasa rumpun Semit yang kini sudah punah itu.

Zuckermann menambahkan, pada masa kehidupan Yesus, bahasa Ibrani biasa digunakan masyarakat kelas bawah. "Mereka adalah orang-orang yang mendengarkan ajaran Yesus," Zuckermann menegaskan.

Seperti banyak hal di Timur Tengah, pembahasan tentang Yesus pada masa modern ini kerap menimbulkan kerumitan dan tak jarang memunculkan implikasi politik.

 

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami