Warga Palestina Sambut Meriah Kedatangan Paus Fransiskus
Sumber: Reuters

Nasional / 27 May 2014

Kalangan Sendiri

Warga Palestina Sambut Meriah Kedatangan Paus Fransiskus

daniel.tanamal Official Writer
2614

Warga Palestina menyambut kedatangan Paus Fransiskus dengan sorak-sorai meneriakkan "Viva al-Baba!" atau "Hidup Paus!" Bendera Palestina berukuran raksasa, perpaduan warna putih, hijau, dan hitam, menghiasi alun-alun di Bethlehem bersama dengan bendera kuning-putih Vatikan.

Paus melakukan kunjungan ke Bethlehem langsung dari Jordania dengan menumpang helikopter. Rute Jordania ke Betlehem yang dilalui Paus ini memiliki artis simbolik yang dianggap baik oleh beberapa kalangan, karena Paus sebelumnya selalu menuju ke Betlehem melalui rute Israel.

"Datang ke Bethlehem dan ke Bethlehem dari Jordania menunjukkan solidaritas yang indah terhadap rakyat Palestina yang indah. Kami perlu itu," kata Samar Sakkakin, seorang warga Amerika keturunan Palestina.

Dalam kunjungan itu Paus menggelar makan siang pribadi dengan lima keluarga Palestina yang dirugikan Israel. Bahkan Paus berkata "Aku bersamamu," kepada sekelompok anak-anak Palestina di kamp pengungsian di Bethlehem.

Langkah Paus tersebut dipuji oleh sejumlah pejabat di Palestina terutama penggunaan frase "negara Palestina" yang selalu disebutkan Paus. Dalam agenda resmi kunjungannya, Vatikan menyebut Presiden Mahmoud Abbas sebagai Presiden "Negara Palestina" dan kantornya di Bethlehem sebagai "Istana Presiden". Fransiskus juga menyebut Abbas sebagai orang yang cinta damai.

Dalam kunjungan selama tiga hari itu Paus ingin mengajak dan menyampaikan kepada dunia terutama kepada dua negara yang terus terlibat konflik yaitu Israel dan Palestina untuk terus mengusahakan perdamaian untuk ketentraman dan kesejahteraan masing-masing warga.

 

 

 

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami