Victor Silaen: JK Pilihan Rasional Untuk Jokowi
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 20 May 2014

Kalangan Sendiri

Victor Silaen: JK Pilihan Rasional Untuk Jokowi

daniel.tanamal Official Writer
4799

Pemerhati sosial politik Victor Silaen melihat bahwa dipilihnya Jusuf Kalla (JK) sebagai cawapres untuk Joko Widodo atau Jokowi merupakan pilihan yang rasional. Menurutnya, JK tentu sudah berpengalaman terhadap posisi yang pernah dijabatnya sebagai wapres periode 2004-2009 lalu.

“JK adalah pilihan rasional bagi Jokowi dibanding Abraham Samad yang bagus tapi kurang menguasai aspek-aspek lain kecuali hukum. Juga lebih baik daripada Mahfud MD yang ternyata agak mencla-mencle karena sekarang mau gabung ke Prabowo. Dia juga punya banyak kelemahan, tapi tentu sudah banyak belajar dari pengalaman sebagai wapres 2004-2009,” kata Victor kepada Jawaban.com, Selasa (20/5).

Pengamat dari Universitas Pelita Harapan ini juga mengklarifikasi seputar banyaknya kalangan yang kurang menyukai sosok JK karena isu anti-Kristen dan anti-Tionghoa. Menurutnya JK mungkin kurang ramah terhadap Kristen dan Tionghoa. Namun hal tersebut hanya terjadi ketika JK masih menjadi pengusaha lokal di Sulawesi Selatan.

“Tapi itu dulu. Dengan makin berkembang bisnisnya dan pergaulan politiknya, dia juga banyak berubah. Dia bergaul dengan banyak orang penting di CSIS, dengan PGI seperti Pdt Richard Daulay (mantan Sekum PGI), dengan Prof Dr Tjipta Lesmana (dosen FISIP UPH), dll,” tambahnya.

Seperti diketahui, Jusuf Kalla telah resmi dipasangkan dengan Capres dari PDIP Jokowi dan telat didaftarkan ke KPU kemarin Senin 19 Mei 2014. Keputusan ini memang menimbulkan polemik dan pandangan beragam dari berbagai pihak. Namun baik Jokowi maupun JK telah memberikan pernyataan masing-masing bahwa keduanya akan bersinergi untuk membawa kesejahteraan bagi Indonesia.

 

 

 


Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami