Kesaksian Korban Penculikan Boko Haram yang Melarikan Diri
Sumber: reuters

Nasional / 13 May 2014

Kalangan Sendiri

Kesaksian Korban Penculikan Boko Haram yang Melarikan Diri

Lois Official Writer
3922

Ratusan anak gadis diculik dari sekolahnya oleh kelompok Boko Haram di Nigeria, sebulan yang lalu. Di antara mereka, ada puluhan yang berhasil kabur dari cengkeraman penculik. Mereka pun menceritakan kisah pelarian yang mereka lakukan beberapa waktu lalu tersebut.

Salah seorang korban penculikan berusia 16 tahun mengatakan bahwa seusai diculik, mereka dibawa pergi jauh. Rombongan mereka berhenti di sebuah hutan dekat desa Baale. “Saya salah satu yang disuruh masak,” ujar gadis yang diculik di asrama sekolah tersebut.

Di bawah todongan senjata, selain harus memasak makanan hasil jarahan, mereka juga harus berpikir mencari cara untuk kabur. Semua militan Boko Haram mengelilingi mereka, bersenjata lengkap dan siap untuk menembak. Karena berdekatan dengan dua gadis lainnya, mereka pun memikirkan satu ide.

Ketiganya berpura-pura ingin buang air kecil, maka mereka diperbolehkan berjalan ke semak-semak. “Sesaat ketika kami luput dari pandangan mereka, kami kabur dan kami berlari selama dua jam,” ujarnya kemudian. Sampai akhirnya mereka diselamatkan para penggembala suku Fulani.

Beberapa gadis lainnya berhasil kabur karena bersembunyi di dalam pohon seharian, yang lainnya bahkan ada yang berhasil lolos di tengah hujan peluru. “Kami diminta untuk mengambil air. Itu kesempatan untuk kabur,” cerita salah satu gadis. “Bahkan ketika mereka menembaki kami, kami tidak akan menyiakan kesempatan dan Tuhan membantu kami sampai di Chibok, dua hari kemudian,” lanjutnya.

Meskipun banyak korban yang berhasil selamat, namun kesaksian mereka nampaknya belum dapat membuat lokasi para penculik dan ratusan korban lainnya diketahui. Masyarakat internasional menggelar kampanye #BringBackOurGirls di Twitter untuk pembebasan ratusan gadis yang diculik tersebut. Tokoh-tokoh yang ikut dalam gerakan tersebut yaitu Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama dan juga Paus Fransiskus.

 

Baca juga :

Sebelum Menyebar Gosip

Berbagai Jenis Pelecehan di Tempat Kerja

Anak Kecil Korban Pelecehan Seksual Bisa Memakai Terapi Ini

The Amazing Spider-Man 2 : Pertarungan Terbesarnya Dimulai

Percantik Rumah dengan Modal Minimalis

Sumber : viva.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami