Bayi Terkena Meningitis Sempat Ditolak 5 Rumah Sakit

Bayi Terkena Meningitis Sempat Ditolak 5 Rumah Sakit

Puji Astuti Official Writer
3340

Seorang bayi berusia 11 bulan bernama Muhammad Fauzan Saputra yang menderita radang selaput otak atau meningitis akhirnya mendapatkan perawatan di RSUD Tarakan. Menurut orangtuanya, Fauzan sempat ditolah di 5 rumah sakit yang berbeda dengan alasan keterbatasan alat untuk memberikan perawatan yang dibutuhkan.

"Tapi di RS Budi Kemuliaan tetap nggak bisa karena katanya keterbatasan alat, jadi nyuruh untuk penanganan Fauzan ke RS Harapan Kita, Grogol Jakarta Barat," demikian penjelasan Marzuki, ayah Fauzan seperti yang dirilis oleh Kompas.com, Jumat (9/5).

Setelah itu Fauzan dibawa ke Rumah Sakit Royal Trauma dan dirawat selama 6 hari. Kemudian dokter menyarankan untuk segera melakukan operasi, namun biaya yang dibutuhkan sangat besar, yaitu 43 juta. Padahal Marzuki hanya bekerja sebagai tukang bubur ayam.

“Saat saya bilang nggak sanggup, mereka bilang untuk bawa Fauzan ke RSUD Tarakan, akhirnya ya sampe sini kemarin," demikian tambahnya.

Saat ini Fauzan sudah ditangani oleh RSUD Tarakan berbekal kartu Jaminan Kesehatan Nasional, namun masih belum dikatakan kapan bayi tersebut akan di operasi untuk menyedot cairan di otaknya yang membuatnya mengalami infeksi.  Sang ibu, Sadiyah berharap agar anaknya bisa segera sembuh. Ia tampak bersyukur karena para dokter dan perawat di RSUD Tarakan cepat dan tanggap dalam menangani putranya.

Mahalnya biaya rumah sakit membuat sebagian besar masyarakat Indonesia seringkali kesulitan untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang memadai. Sekalipun saat ini pemerintah sudah meluncurkan Jaminan Kesehatan Nasional, namun belum banyak yang mengetahui bagaimana cara mendapatkan layanan kesehatan gratis tersebut. Jika Anda membutuhkan informasi seputar Kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang diberikan melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) bisa dibaca pada link dibawah ini :

-       Inilah Cara Daftar dan Manfaat BPJS Kesehatan untuk Pekerja

-       Miskin Ga Boleh Sakit? Siapa Bilang? Ada BPJS Kok

 

Baca juga artikel lainnya :

Obama Sindir Foto Liburan Putin

Nama Jokowi Sempat Kacaukan UN SMP

Serukan Supar Sar Ook di Myanmar

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti

Ikuti Kami